Harian Pagi Siwalima  berusia 21 tahun pada Minggu (25/10) kemarin. Tak mudah memang untuk sampai di sini, karena kami harus melewati banyak tan­tangan dan rintangan yang mengha­dang. Berikut apa Kata Mereka terhadap karya dan perjalanan Siwalima kede­pan. Semua yang disampaikan menjadi motivasi bagi kami untuk lebih giat dan semangat untuk terus berkarya.

Wagub Maluku,

Barnabas Nathaniel Orno

Saya Barnabas Nathaniel Orno, Wakil Gubernur Maluku secara pribadi maupun keluarga mengucapkan Selamat Ulang Tahun kepada Siwalima yang ke-21.

Saya percaya sungguh Siwalima sudah semakin bagus, semakin mantap berita-beritanya juga kritis dan memba­ngun. Ini yang saya inginkan.  Saya berharap Siwalima turut mambangun  Maluku, tetap kritis tapi juga memberi­kan solusi. Sekali lagi selama ulang tahun  untuk Siwalima. Terus jaya, suk­ses selalu Siwalima.

Sekum MPH Sinode GPM, Pendeta Elifas T. Maspaittela

Sebagai pimpinan sinode mengucap­kan selamat Siwalima, tetapi yang ter­penting terima kasih karena telah mem­bantu gereja dalam  rangka memberikan edukasi dengan berita yang bernuansa perdamaian dan kerukunan antar umat beragama sebagai pilar membangun masyarakat Maluku, tetapi menjaga independensi dengan tetap memper­hatikan kaidah-kaidah jurnalistik sesuai dengan demokrasi serta mem­per­erat kerukunan agama di Maluku.

Anggota DPR RI,

Hendrik Lewerissa

Keberadaan Harian Siwalima di Maluku telah memberi kontribusi bagi pe­menu­han hak masyarakat Malulu untuk me­ngetahui informasi dan perkembangan yang terjadi di daerah ini. Dalam panda­ngan beta, Harian Siwalima juga telah berperan  menegakan nilai-nilai dasar demo­krasi dengan mendo­rong terwujud­nya supremasi hukum dan Hak Azasi Manusia serta menghormati kebinekaan. Sebagai warga masyarakat Maluku, beta berharap agar Harian Siwalima terus ber­peran mengembang­kan pendapat umum berdasarkan informasi yang tepat, akurat dan benar serta turut melakukan pengawasan, kritik, koreksi dan saran terhadap hal-hal yang berkaitan dengan kepentingan umum di Maluku.

Tantangan yang dihadapi sebagai sebuah media cetak yang konvensional memang tidak mudah karena kita telah hidup di zaman digitalisasi dimana masyarakat dapat mengakses informasi publik secara cepat melalui media-media non konvensional. Oleh karena itu maka inovasi dan pengembangan yang jitu harus diterapkan oleh managament Siwalima agar Siwalima bisa tetap bertahan dan survive hadapi perubahan yang sangat cepat ini.

Beta optimis Siwalima akan terus ekseis sebagai media informasi, pendi­dikan, hiburan dan terus melakukan kontrol sosial demi kepentingan umum di Maluku. Dirgahayu Harian Siwalima yang ke-21 tahun.

Aziz Sangkala,

Wakil Ketua DPRD Maluku

Tanpa terasa sudah 21 tahun Siwalima berkiprah di Maluku dalam rangka men­jadi pilar demokrasi dan edukasi masyara­kat untuk melaksanakan fungsi-fungsi kontrol terhadap pemerintah maupun DPRD sebagai lembaga perwakilan.

Tentunya Siwalima sudah sangat banyak membantu tugas dewan dalam menjadi corong untuk menyampaikan dan menyuarakan aspirasi masyarakat baik kepada pemerintah maupun kepada DPRD. Karena itu, dengan melihat kemajuan media secara nasional maka kedepanya Siwalima harus memperkuat media online agar dapat bersaing dengan media online lainnya.

Walikota Ambon,

Richard Louhenapessy

Selaku Walikota Ambon, dan Pemerin­tah Kota Ambon, saya mau sampaikan selamat ulang tahun kepada Siwalima yang ke-21. Kiranya dengan usia ini, Siwalima semakin lebih matang lagi, lebih kritis lagi, dan lebih objektif lagi untuk kepentingan masyarakat.

Bupati Maluku Tengah, Tuasikal Abua

Selamat bertambah usia Siwalima. Tentu kami berharap Siwalima dapat terus maju dan berkembang, serta menjadi mitra kerja Pemerintah Kabupaten Maluku Tengah untuk terus menyebarluaskan program-program pembangunan di Malteng dan Maluku secara umum, termasuk bersama mensukseskan tugas pemerin­tah dalam menangani dan menanggulangi Pandemi Covid-19 di Malteng dan Maluku umumnya. Sukses Siwalima, jayalah selalu.

Bupati SBB,

Moh. Yasin Payapo

Media merupakan penyalur aspirasi. Saya ucapakan Selamat Hari Ulang Tahun Harian Siwalima ke-21.  Semoga terus menjadi sumber referensi terper­caya bagi masyarakat Maluku khusus­nya SBB. Olehnya itu saya berharap dalam menyajikan pemberitaan, harus akurat dan objektif.

Wakil Bupati SBB,

Timotius Akerina

Saya selaku pemerintah daerah sangat apresiasi Siwalima selama ini menjadi mitra Pemkab SBB . Kiranya Siwalima bisa mengutamakan persa­tuan dan persaudaraan di bumi raja-raja. Dengan HUT Siwalima ke-21 ini, lebih eksis lagi dan maju serta jadilah media yang profesional dan akuntabel dalam menyajikan pemberitaan.

Wakil Bupati Malteng Marlatu, Leleury

Siwalima adalah salah satu media an­dalan orang Maluku, banyak orang mene­rima informasi dari media ini. Kita ketahui saat ini media online terus men­jamur seiring dengan perkembangan zaman.

Olehnya kami berharap Siwalima tetap eksis dan terus maju. Selamat ulang tahun Siwalima, sukses dan jayalah selalu.

Ketua DPRD Malteng,

Fatzah Tuankotta 

Memasuki usai 21 tahun, tentu usia yang mulai merujuk kedewasaan. Mes­kipun kita semua sedang diperhadapkan dengan pandemi covid yang telah me­renggut banyak faktor, terutama aktivitas ekonomi global, namun kami yakin Siwalima akan tetap eksis menjadi portal terbesar di Maluku. Selamat ulang tahun Siwalima, sukses dan jayalah selalu.

Ketua DPRD SBB,

Abd. Rasyid Lisaholith

Siwalima salah satu media di Maluku yang sangat memberikan informasi yang akurat, terpercaya dan kredibi­litas. Kiprah Siwalima sangat luar biasa. Saya memberikan apresiasi kerja jurnalis dalam upaya perbaikan perubahan, Saya ucapkan selamat HUT Siwalima yang ke-21.

Ketua Fraksi PDIP

DPRD Maluku,

Benhur George Watubun

Pemberitaan Siwalima menurut saya kritik konstruksional dan senantiasa mengedepankan kaidah-kaidah jurna­lis­tik. Sebagai anggota DPRD dan ketua fraksi kami berterima kasih, karena me­dia ini telah menempatkan diri sebagai penyeimbang membantu tugas-tugas DPRD, tetapi juga tugas-tugas masya­rakat termasuk memberikan ruang kritikan masyarakat terhadap kinerja pemerintah.

Saya berteima kasih bahwa selama ini Siwalima telah mendukung gubernur dalam tugas-tugas pemerintahan. Se­ba­gai ketua fraksi kami menyampaikan terima kasih banyak. Tentu kita bangun terus hubungan yang baik antara peme­rintah dan media, dan tetap menghargai posisi masing-masing.

Jadi pemerintah melakukan tugas  pemerintahan dan pelayanan publik, tapi media juga ikut membantu bersama-sama sebagai pihak yang memberikan penye­imbang informasi sehingga pemerintah melangkah itu pun senantiasa menge­depankan norma dan etika bahkan moral pelayanan kepada masyarakat.

Ketua Fraksi Demokrat

DPRD Maluku, Roy Pattiasina

Beta kira selama ini pemberitaan Siwalima cukup bagus, selalu mendu­dukan semua persoalan secara propor­sional dan juga selama ini menunjang kerja-kerja, baik pemerintah daerah maupun DPRD.

Akademisi Hukum Unpatti, George Leassa

Siwalima selama ini telah memberi­kan warna bagi perkembangan media di Maluku. Beritanya sangat menyejukan  dan betul-betul edukatif. Disamping itu ada melakukan chek and richek, betul-betul ada balance untuk berita yang dikemukakan.Ini bukan satu pujian, tapi memang beta rasakan sendiri. Misalnya kita memberikan sosial kontrol, selalu ada jawaban, jadi betul-betul berim­bang. Beta berharap, untuk melihat  suatu masalah betul-betul secara objektif dan harus tuntas tidak berhenti pada satu kepentingan yang sesaat saja. Misalnya untuk melihat dan kontrol terhadap proyek yang tidak berjalan maka itu betul-betul dituntaskan, sehingga orang tidak bertanya-tanya ada faktor lain.

Akademisi Hukum IAIN Ambon, Nasaruddin Umar

Siwalima selama ini cukup memberi­kan warna dalam memberikan informasi dan edukasi kepada masyarakat dan bisa memberikan suatu posisi yang kritis sebagai sosial  kontrol terhadap kebija­kan pemerintah. Hal itu sangat diperlu­kan, sebagai media penyeimbang infor­masi sekaligus sebagai media kritis, karena bagaimanapun  pemerintahan itu harus selalu dikontrol, kebijakan pemerintah itu harus selalu dievaluasi dan pemerintah juga melalui Siwalima menjadi jembatan aspirasi publik, sehingga pemerintah bisa mengeva­luasi kinerja pemerintahannya dan aspirasi publik bisa tersalurkan.

Kedepan diharapkan Siwalima tetap mempertahankan posisi sebagai media penyeimbang, penyambungan lida rak­yat dan tetap kritis untuk memberikan pendidikan hukum,  politik, demokrasi bagi publik  Maluku.

Akademisi Ekonomi dan Bisnis Unpatti, Erly Leiwakabessy

Siwalima selama ini beta punya hubungan sangat baik, dari dulu pem­beritaannya bagus, dalam tantangan yang begitu besar dan masalah yang cukup banyak tetapi Siwalima masih eksis dalam tugas sebagai penyeimbang dan mengedukasi masyarakat.

Beta melihat, koran lain harus banyak belajar dari Siwalima, tetapi Siwalima juga harus banyak belajar dari koran yang lain. Layout dan halaman harus dilihat, kan sudah di zaman modern harus dilihat supaya jangan karena mengusung tema sederhana, tampilan lain tidak diperhatikan, tetapi beritanya bagus, tidak tendensius

Akademisi Hukum Unpatti, Sherlock Lekipieuw

Siwalima menjadi pilihan diantara sejumlah pilihan atas informasi publik ditengah tantangan  media meanstrem akibat perkembangan teknologi infor­masi publik khususnya media informasi digital.  Varian berita dan penyajian infomarsi sudah melebih ekspetasi publik atas kebutuhan informasi

Harapannya tentu Siwalima terus berkembangan dengan berbagai dina­mika dan tantangan kekinian. Semoga Siwalima tetap menjadi bagian dari media yang mewarnai berbagai kebutu­han publik untuk terus menyuarakan berita dan informasi yang akuntabel, proporsional dan profesional.

Wakil Ketua Fraksi Perindo Amanat Berkarya DPRD Maluku, Jantje Wenno

 

Pemberitaan yang disampaikan oleh koran Siwalima kepada publik sudah sangat berimbang dan cukup objektif serta senantiasa berada pada garis terdepan untuk menyuarakan kepenti­ngan masyarakat yang harus terus dilakukan oleh Siwalima.

Wakil Ketua DPRD SBT,

Agil Rumakat

Siwalima media terdepan. Semoga degan bertambah usia, Siwalima tetap jaya. Siwalima dalam pemberitaan sudah sangat bagus, sehingga kami sangat mendukung peran Siwalima sebagai media terpercaya di Maluku. Sukses untuk Siwalima.

Sekda SBT,

Syarif Makmur

Selamat ulang tahun kepada Siwa­lima , semoga Siwalima menjadi alat kontrol dalam pelaksanan pemerin­tahan, pembinaan kemasyarakatan dan sebagainya.

Saya menyakini dan juga banyak berkeinginan, Siwalima di usia yang ke-21 menjadi media yang profesional, yang bisa menempatkan objektifitas. Saya menyampaikan pesan kepada Siwalima agar bisa menyampaikan berita baik tentang SBT, serta meng­ontrol penyelengaraan pemerintahan di Kabupaten SBT agar Pemda SBT betul-betul bekerja sesuai dengan ketentuan dan perundang-undangan yang berlaku. Selamat sukses dan jaya untuk Siwalima.

Kasi Penkum Kejati Maluku, Samy Sapulette

Sebagai salah satu harian terbesar di Provinsi Maluku, khususnya Kota Ambon, tentu para pembaca setia senan­tiasa menunggu selalu berita dari Harian  Siwalima.

Harapan kami Siwalima ke depan akan menjadi harian yang kritis namun senantiasa akurat dan berimbang, tidak mengurangi atau menambahkan kete­rangan narasumber yang dapat menim­bulkan persepsi keliru di  masyarakat serta menyajikan berita-berita yang menyejuk­kan dan mengedukasi masya­rakat. Jaya dan sukses selalu untuk Siwalima.

Humas PN Ambon,

Lucky Rombot Kalalo

Bagus sudah

Akademisi Hukum Unpatti, Reymond Supusepa

Menurut saya pendapat saya Harian Siwalima cukup baik. Bagi saya harus bisa melihat dan mendengar keluhan-keluhan yang ada di masyarakat teruta­ma masalah hukum. Karena menurut saya masalah hukum sangat banyak sekali di tengah-tengah masyarakat. Saya harap kedepan ada rubrik yang bisa memberikan pemahaman dari aka­demisi untuk memberikan pandangan hukum, sehingga masalah-masalah hukum itu bisa diatasi menjadi penge­tahuan juga bagi masyarakat pembaca. Mungkin artikel- artikel atau tentang penyelesaian perkara. Mungkin itu bisa menjembatani masalah-masalah hukum yang terjadi di masyarakat.

Kadis Parawisata SBT,

Djainal Vanath

Siwalima selau tetap jaya, terdepan dan dengan bertambah usia ini, ke­jayaan selalu dipertahankan. Sukses untuk Siwalima.

Wakil Ketua DPRD SBT, Achmat Voth

Semoga Siwalima selalu jaya dan sukses di usia ini dan akan datang.

Sekretaris Komisi I DPRD Kota Ambon, Mourits Tamaela

Siwalima merupakan salah satu media tertua di Kota Ambon dan patut diberikan apresiasi atas kehadiran Siwalima selama ini.

Kehadiran Siwalima pada usia yang ke-21 tahun bukan usia yang belia dan Siwalima masih tetap eksis dalam menyajikan berita. Siwalima mampu mempertahankan eksistensi sebagai media yang mempunyai nama besar.

Selamat ulang tahun Siwalima yang ke21 tahun, semoga Siwalima tetal eksis dan jaya untuk kepentingan memajukan dan membangun Kota Ambon dan Maluku secara umum.

Ketua Komisi III DPRD Kota Ambon, Jhony Wattimena

Siwalima sudah mampu mengako­modir DPRD selaku lembaga wakil rakyat dalam menyuarakan aspirasi masya­rakat Kota Ambon selama ini. Masya­rakat tak hanya mendapat pelajaran dari pemberitaan, tapi juga menge­dukasi masyarakat. Kami berharap kedepan Siwalima lebih baik lagi dari sisi kualitasnya.

Direktur PDAM Masohi,

Kace Pattiasina

Siwalima adalah korannya orang Maluku. Saya adalah salah satu pem­baca setia media ini. tentu kita semua berharap Siwalima tetap eksis menjadi yang terbaik di Maluku. Selamat ulang tahun Siwalima, panjang umur dan teruslah menjadi kebanggaan kita semua.

Kepala Bappeda SBB,

S.Y Silawane

Karya jurnalis yang ditampilkan Siwalima sudah sangat bagus, objektif dan edukasi. Untuk itu dengan HUT Siwalima ke-21, ini apa yang disajikan selama ini perlu ditingkatkan. Untuk itu saya ucapkan Selamat HUT Siwalima, semoga kedepan lebih baik lagi.

Kepala Dinas PUPR SBB,

Tomi Wattimena

Selamat HUT Siwalima yang ke-21. Koran Siwalima sampai saat ini sudah membuktikan yang terbaik dan tetap eksis. Semoga kedepan memberikan informasi yang aktual dan terpercaya dan selalu menyajikan pemberitaan terutama menyakut pembangunanan di Maluku.

Anggota DPRD SBB,

Abu Silawane

Selamat ulang tahun ke-21 kepada Siwalima. Sebagai sumber referensi terpercaya, saya berharap Siwalima dalam menempatkan kecepatan dan akurasi transformasi informasi untuk para pembaca. perlu akurat lagi dan ada keseimbangan.

Kepala Stasiun Meteorologi Kelas II Pattimura,

Ot oral Sem Wiral

Pemberitaan Siwalima cukup baik. BMKG tetap meningkatkan hubungan dengan Siwalima dalam pemberitaan informasi cuaca, yang BMKG keluarkan untuk Ambon dan Provinsi Maluku. Saya berpikir kadang informasi yang disampaikan lewat by phone harus dikonfirmasi ulang.

Kadishub Kepulauan Aru, Edwin Pattinasarany

Harian Pagi Siwalima merupakan salah satu media cetak besar di Maluku dan mampu bersaing dengan media besar lainnya. Kedepan Siwalima lebih eksis lagi dalam menyuarakan kebena­ran serta mampu menjadi alat pemer­satu

Selain itu, daya saing harus terus di­tingkatan melalui inovasi-inovasi se­iring dengan perkembangan jaman, di­mana tahun-tahun sebelumnya kemam­puan inovasi bukan saja dari hard, namun sudah merambah pada elektro­nik.  Kedepannya pula, Harian Pagi Siwalima tetap dan terus eksis dalam menyuarakan seluruh pembangunan di Maluku, khusunya Kabupaten Kepulau­an Aru.

Kabag Hukum Pemkot Ambon, Sirjhon Slarmanat

Atas nama pribadi, dan bagian hukum Sekretariat Pemerintah Kota Ambon, saya mengucapkan selamat ulang tahun, untuk Harian Pagi Siwalima yang ke-21  Semoga Siwalima semakin tetap eksis, memberikan kontribusi positif dan menjadi media untuk fungsi kontrol terhadap pemerintah dan juga bisa menyalurkan informasi, berita serta aspirasi-aspirasi yang komprehensif dari pemerintah kepada masyarakat.

Fungsi kontrol sangat dibutuhkan dengan mengedepankan check and balance untuk memperoleh sebuah infor­masi yang paling tidak memiliki sumber yang lebih up to date dan lebih valid.

Kasat Pol PP Kota Ambon, Josias Lopies

Atas nama pimpinan dan seluruh jajaran Pol PP, saya mengucapkan selamat ber­tambah satu tahun usia dalam berkarya. Semoga berita-berita yang disampaikan pada publik mem­berikan dampak positif lagi masyarakat Kota Ambon, dan menjadi koreksi terutama Pol PP dalam melak­sanakan tugas, kalau ada yang salah, sehingga tetap menjadi dorongan dan semangat bagi Pol PP melaksanakn tugas di garda depan penegakan perda.

Kadis Koperasi Kota Ambon, Marthin Kailuhu

Untuk media cetak di Kota Ambon, Siwalima termasuk salah satu dari yang terbaik, karena memang kelihatan pem­baca Siwalima cukup banyak. Tampilannya juga menarik. Saya kan langganan Siwa­lima. Kita harus bisa membangun kota melalui Siwalima, hal yang harus kita kritisi ya kita kritisi, hal yang harus kita support ya harus kita support, hal yang harus dikasi pujian. Kalau boleh Siwalima bisa mengajak masyarakat membangun kota ini bersama stakeholder.

Praktisi Hukum,

Djidon Batmamolin

Siwalima itu luar biasa. Liputan terhadap kasus-kasus itu terbukti dan terpercaya. Bukan sekedar meliput saja, tapi benar-benar terpercaya. Suatu kebanggaan masyarakat Maluku punya Koran Siwalima.

Kalau bisa kedepan ditingkatkan lagi. Supaya bisa seluruh penjuru Maluku bisa membaca Koran Siwalima.

Praktisi Hukum, 

Marthen Fordatkosu

Harian Siwalima ini luar biasa membe­rikan berita yang edukatif, berimbang, serta informasi terkini. Masyarakat bisa mengetahui kejadian yang lagi viral dan disoroti publik.

Semoga tetap eksis dan mengede­pankan prinsip jurnalistik yang berim­bang. Tidak serta merta mendeskri­dit­kan satu pihak saja. Tentu harus klarifi­kasi, biar bisa memiliki nilai berita tinggi.

Ketua Umum HMI Cabang Ambon, Mizwar Tomagola

Tentu kami sangat mengapresiasi kehadiran Harian Siwalima selama ini untuk mengawal demokrasi di Indonesia dan khususnya di Maluku. Besar hara­pan semoga di usia yang semakin ber­tambah Harian Siwalima tetap konsistensi untuk menghadirkan berita-berita yang terper­caya, kritis, sekaligus menjadi kanal edukasi bagi publik Maluku.  (*)