AMBON, Siwalimanews – Penjabat walikota Ambon Bodewin Wattimena memaparkan sejumlah keberhasilan yang dicapai selama tahun 2023 ke hadapan DPRD.

“Capaian luar biasa yakni angka kemiskinan ekstrim di Kota Ambon 0 persen walaupun persentase penduduk miskin Kota Ambon pada posisi Maret 2023, tercatat sebesar 5,25 persen,” kata walikota saat paripurna penutupan masa persidangan III tahun 2023-2024 di Ruang Paripurna Utama Baileo Rakyat Belakang Soya, Senin (8/1).

Dirinya mengaku salah satu faktor yang mempengaruhi meningkatnya persentase penduduk miskin adalah angka garis kemiskinan naik sebesar 8,40 persen.

“Ini secara langsung mempengaruhi jumlah penduduk miskin di Kota Ambon,” terangnya.

Selain itu pertumbuhan ekonomi di Ambon yang bertumbuh di angka 5,23 persen di tahun 2022.

Baca Juga: RS Haulussy Dirudung Masalah, Pemprov Tutup Mata, Waris Segel Lagi

Sehubungan dengan itu, pemerintah terus berupaya dalam penanganan kemiskinan melalui pemberdayaan masyarakat di segala bidang maupun usaha penyerapan kerja lewat proyek padat karya. Selain itu, upaya tekan inflasi jugaterua dilakukan.

Sepanjang tahun 2023, inflasi mtm mengalami fluktuasi yang cukup beragam dibandingkan inflasi yoy. Kondisi tertinggi terjadi pada bulan Juni dimana inflasi menyentuh angka 6,1 persen (yoy).

Selanjutnya kondisi inflasi lebih terkendali dibawah 5 persen dan terakhir berada pada posisi 2,96 persen di bulan November 2023 (yoy).

“Ini upaya Tim Pengendali Inflasi Daerah terus bekerja dengan seluruh stakeholder terkait, khususnya dalam menekan dampak akibat inflasi terhadap kesejahteraan masyarakat,” terangnya.

Selain itu, upaya menurunkan angka stunting juga dilakukan. Dimana menurunnya angka balita stunting dari 366 orang, menjadi 284 orang pada tahun 2022 serta menurunnya prevalensi stunting sebesar 0,7 persen pada tahun 2022.

Yang mana berkaitan dengan ini, lanjutnya bersama TP-PKK Kota Ambon, Pemkot terus berupaya mengoptimalkan semua langkah-langkah konkrit dalam penanganan stunting.

Di akhir sambutan ia mengaku atas kerja semua pihak, pemkot ambon berhasil meraih 34 penghargaan dari berbagai bidang kerja di tahun 2023.

“Itu diperoleh atas pelayanan publik dibidang pariwisata, inovasi di bidang lingkungan maupun pengelolaan keuangan daerah serta kegiatan unggulan di berbagai bidang lainnya,” tandasnya.

Untuk diketahui paripurna dibuka Ketua DPRD, Elly Toisuta yang dihadiri Sekot Ambon Agus Ririmase, Sekretaris Dewan, serta seluruh OPD dan jajaran Pemerintah Kota Ambon. (S-25)