AMBON, Siwalimanews – Kepala Biro Organisasi Setda Maluku Alawiyah Alaydrus resmi dilantik sebagai penjabat Bupati Kabupaten Kepulauan Tanimbar.

Kepastian pelantikan Alaydrus sebagai penjabat Bupati Kabupaten Kepulauan Tanimbar menggantikan Piterson Rangkoratat dibenarkan Plh Sekretaris Daerah Maluku, Syuryadi Sabirin.

Sabirin mengatakan, pelantikan dilakukan Penjabat Gubernur Maluku Sadali Ie di Mess Maluku Jakarta, Sabtu (10/8).

“Betul, jadi sore ini pelantikan penjabat Bupati Kabupaten Kepulauan Tanimbar dilakukan di Mess Maluku Jakarta,” ungkap Sabirin kepada Siwalima melalui telepon selulernya.

Pelantikan penjabat Bupati Kabupaten Kepulauan Tanimbar kata Sabirin dilakukan di Jakarta bertepatan dengan agenda Penjabat Gubernur Maluku yang harus menghadiri sejumlah kegiatan di kementerian.

Baca Juga: Ikadin Maluku Tambah Anggota Baru

“Pelantikan memang tidak dihadiri semua pejabat di lingkungan Pemerintah Provinsi Maluku tapi hanya sebagian yang sedang mendampingi pak Gubernur di Jakarta saja,” ujarnya.

Ditanya soal alasan Rangkoratat diganti, Sabirin belum dapat memastikan alasan pasti terjadi pergantian penjabat Bupati Kabupaten Kepulauan Tanimbar.

“Kalau alasan kenapa diganti saya belum tahu pasti dan soal nomor SK mungkin ditanyakan ke Karo Pemerintahan,” ucapnya.

Sementara itu dari infomasi sumber terpercaya di Kantor Gubernur Maluku mengatakan pergantian Rangkoratat dari jabatan Penjabat Bupati lantaran akan maju dalam pilkada serentak.

“Yang kami tahu itu alasannya karena Pak Rangkoratat terindikasi terlibat politik praktis maka itu menjadi pertimbangan Kemendagri, karena ditakutkan yang bersangkutan tidak bisa menjaga netralitas ASN saat pilkada,” tegas Sumber yang meminta namanya tidak dikorankan kepada Siwalima  melalui telepon selulernya, Sabtu (10/8). (S-20)