AMBON, Siwalimanews – Lagi-lagi percobaan bu­nuh diri dengan cara melom­pat dari atas Jembatan Merah Putih kembali terjadi. Perco­baan bunuh diri kali ini di­lakukan oleh mahasiswi ber­inisial SP yang baru berusia 18 tahun.

Kejadian tersebut berlang­sung Jumat (30/8), beruntung aksi tersebut berhasil dicegah anggota TNI bernama Serka Sahupala.

Kapendam XV/Pattimura Kolonel Inf Heri Krisdianto dalam rilisnya yang diterima Siwalima, Minggu (1/9) men­­jelaskan, peristiwa ter­sebut diketahui Serka Sahu­pala yang merupakan ang­gota Deninteldam XV/Patti­mura saat dirinya akan men­jemput anaknya di kawasan Waiheru dengan melintasi Jembatan Merah Putih.

Setibanya di TKP, Sahu­pala melihat seorang wanita yang berdiri di luar pagar JMP atau bibir JMP seperti akan melompat bunuh diri.

Melihat pemandangan ber­bahaya itu, Serka Sa­hupala spontan meng­hentikan motor, dengan sigap lang­sung lompati pagar JMP, merayu dan menarik wanita tersebut untuk diselamatkan.

Baca Juga: Megathrust Mengancam, Pemda Diingatkan Upaya Mitigasi

Melihat aksi yang dilakukan Serka Sahupala, para pengguna jalan yang sedang lewatpun berhenti dan turut membantu Serka Sahupala menyelamatkan wanita itu.

“dirinya menolong secara spontan karena sesama manusia, kebetulan Serka Sahupala ini lewat dan melihat wanita tersebut sudah berada di pinggir jembatan mau bunuh diri, kemudian dia lompat pagar jembatan dan menariknya ke tengah, dengan dibantu pengguna jalan yang se­dang lewat,” jelas Kapendam meng­utip keterangan Serka Sahupala.

Setelah berhasil melakukan tindakan penyelamatan, mahasiswi tersebut langsung diamankan anggota kepolisian (Samapta), ke­mungkinan untuk dimintai kete­rangan. Selanjutnya Serka Sahupala melanjutkan perjalanan untuk menjemput anak.

Kapendam mengatakan, wanita yang akan melakukan tindakan nekad terjun ke laut dari JMP ter­sebut diduga depresi karena masa­lah asmara.

Sementara aksi heroik yang dila­kukan Serka Sahupala ini, diapresiasi Pangdam XV/Pattimura Mayjen TNI Syafrial. “Bapak Pangdam mengap­resiasi aksi kemanusian yang dila­kukan Serka Sahupala, karena sudah berbuat tulus ikhlas untuk mem­bantu menyelamatkan rakyat,” ungkapnya.(S-10)