AMBON, Siwalimanews – Hari pertama pemeriksaan kesehatan bakal calon kepala daerah dan wakil kepala daerah di RSUP dr. Leimena Ambon, sebanyak 7 pasangan bakal calon menjalani pemeriksaan.

Tujuh pasangan calon itu terdiri dari dua paslon calon Walikota dan Wakil walikota Ambon yakni Bodewin M Wattimena-Ely Toisutta serta paslon Jantje Wenno-Syarif Bakrie Asyatri. Sementara lima balon lainnya yakni paslon Bupati dan Wakil Bupati Seram Bagian Barat.

Ketua Tim Pemeriksa RSUP dr Leimena, dr Saleh Tualeka dalam keterangan persnya, Jumat (30/8) menjelaskan, hari ini tim pemeriksa melakukan pemeriksaan kesehatan terhadap para pasangan calon kepala daerah dari Kota Ambon dan Kabupaten Seram Bagian Barat.

“Kami bersama teman-teman spesialis dan di back up oleh beberapa teman dokter umum serta juga tim pendamping. Peran tim pendamping ini sebenarnya untuk bagaimana memperlancar keseluruhan proses pemeriksaan pasangan calon yang hari ini diperiksa,” jelas Tualeka.

Sementara terkait prosesi pemeriksaan kata dr Tualeka, dimulai dari pemeriksaan kesehatan jasmani, yaitu pemeriksaan fisik secara keseluruhan, dan pemeriksaan rohani, yaitu pemeriksaan fisik dan psikologi, dan ada keterlibatan BNN Provinsi Maluku untuk melakukan pemeriksaan terkait narkoba.

Baca Juga: KPU: Penghapusan Data Pemilih Meninggal Butuh Akta Kematian

“Keseluruhan tim yang disiapkan hari ini Alhamdulillah dan semuanya sudah siap, karena pemeriksaan dilakukan mulai pukul 07.00 WIT pagi, dan diperkirakan sampai sore semoga para calon ini dalam kondisi kesehatan yang bagus, sehingga hasil pemeriksaan kesehatan ini akan kami sampaikan ke KPU dengan kondisi yang baik.

Ditempat yang sama, Ketua KPU Kota Ambon Kaharudin Mahmud menjelaskan, pihaknya telah menyerahkan surat pengantar untuk bakal calon walikota dan wakil walikota, dan untuk hari pertama, diberikan kepada pasangan Bodewin M Wattimena-Ely Toisutta dan Jantje Wenno-Syarif Bakrie Asyatri.

“Kita telah melihat bagaimana paslon menjalani pemeriksaan, dan saatnya nanti akan diumumkan hasilnya,” jelas Kaharudin.

Selanjutnya kata Kaharudin, pemeriksaan akan dilakukan kepada paslon Agus Ririmasse-Muhammad Novan Liem dan Paslon Muhammad Tadi Salampessy-Emilyh Luhukay.

“Semoga hasil pemeriksaan baik dan pasangan bakal calon bisa bisa ditetapkan sebagai calon pada 22 September 2024 nanti,” ujarnya

Hal yang sama juga disampaikan Ketua KPU SBB Abu Kasihlah, bahwa lima berkas paslon diterima oleh KPU SBB, dan semua surat pengantar pemeriksaan kesehatan telah di diserahkan kepada tim pemeriksa kesehatan untuk melakukan pemeriksaan.

“Harapan kami, paslon yang menjalani  pemeriksaan kesehatan hari ini, bisa berjalan aman dan lancar dan semuanya sehat untuk memenuhi syarat ditetapkan sebagai calon Bupati dan Wakil Bupati SBB,” harapnya.(S-25)