MASOHI, Siwalimanews – Kepala Kantor Kementerian Agama Masohi Taslim Tuasikal mengaku, seluruh calon jamaah haji asal Malteng yang akan diberangkat saat ini berjumlah 63 orang, yang kemudian akan tergabung dalam kloter 9.

“Selanjutnya pada Jumat (24/2) CJH Malteng yang telah tergabung dengan CJH dari 4 kabupaten/kota lainnya akan diterbangkan dari Ambon menuju embarkasi Makasar, nantinya pada, Sabtu (25/6) para jamaah akan berangkat menuju Jeddah dengan maskapai penerbangan Garuda Indonesia dengan nomor penerbangan GA 1109,” ucap Taslim dalam laporannya saat pelepasan CJH asal Malteng yang dipusatkan di lingkungan Masjid Ibnu Abdullah Kota Masohi, Rabu (22/6).

sementara itu, Bupati Maluku Tengah Tuasikal Abua dalam sambtannya yang dibacakan  Asisten III Setda Malteng Bahrum Kalauw saat melepas para jamaah mengharapkan, agar CJH Malteng senantiasa mendoakan kebaikan, baik bagi dirinya, keluarga maupun bagi daerah sendiri, agar senantiasa diberikan keberkahan.

“Harapan saya, para jamaah haji jangan berhenti untuk selalu mendoakan kebaikan, baik bagi diri sendiri serta keluarga, maupun juga bagi masyarakat dan daerah ini, agar selalu berada dalam lindungan Allah SWT, diberikan keberkahan yang agung serta kemakmuran bagi bumi Pamahanunusa tercinta ini,” pinta Tuasikal.

Pelaksanaan ibadah haji bagi umat Islam kata Bupati, merupakan pemenuhan rukun Islam kelima, yang diisyaratkan bagi orang yang mampu dan memperoleh panggilan.

Baca Juga: Yermias Minta Kapolda Cegah Calo di Seleksi Anggota Polri

“Mampu yang dimaksudkan, berupa kemampuan mental, fisik dan juga kemampuan ekonomi. Sementara memperoleh panggilan, dapat dimaknai sebagai restu atau izin dan hidayah dari Allah SWT, karena sesungguhnya, meskipun seseorang telah mampu seperti yang saya sampaikan tadi, namun jika belum memperoleh panggilan, maka orang itu tidak akan pernah bisa sampai menginjakkan kakinya di tanah suci Makkah.

Untuk itulah, berbahagialah seraya mengucapkan rasa syukur yang tidak ada putus-putusnya bagi bapak ibu sekalian yang telah berada sampai di tahap ini, dimana tahap persiapan keberangkatan menuju tanah suci Makkah,” ucapnya.

Bupati juga mengapresiasi serta memberikan dukungan penuh bagi segenap tamu tamu Allah SWT yang akan menuju tanah suci.

“Melalui kesempatan yang berbahagia dan penuh rasa haru, izinkan saya atas nama pribadi dan keluarga serta atas nama masyarakat dan pemkab mengucapkan selamat jalan kepada seluruh tamu-tamu Allah sekalian,” tandasnya.

Masyarakat Malteng tambah Bupati, akan selalu mendoakan semoga para calon haji senantiasa diberikan kekuatan iman, kesabaran, ketabahan, kesehatan dan kekuatan lahir batin, sehingga pelaksanaan rukun dan wajib haji, dapat ditunaikan secara sah dan sempurna serta kembali ke tanah air dengan membawa pulang kemenangan besar yaitu predikat Haji Mabrur. (S-17)