PIRU, Siwalimanews – Puluhan peserta ikut ambil bagian dalam lomba banding nyanyi Pesta Paduan Suara Gerejani Katolik V Kabupaten Seram Bagian Barat.

Pesparani V ini dibuka secara resmi oleh Penjabat Bupati SBB Jais Ely yang ditandai dengan pemukulan tifa. Bupati juga didampingi Uskup Diosis Amboina Mgr Senno Ngutra, Dandim 1513/SBB, Letkol INF Rudolph Paulus, Wakapolres SBB, Kompol La Udin, Sekda Leverne Tuasuun yang dipusatkan di gedung Serbaguna Hatu Telu, Minggu (23/6).

Sedangkan peserta masing-masing dari Kecamatan Kairatu Barat sebanyak 50 orang, Seram Barat 50 orang, Huamual 50 orang dan Kecamatan Taniwel 49 orang.

52 peserta Pesparani V SBB akan mengikuti sejumlah mata lomba yakni, menyanyikan mazmur kategori anak, remaja, OMK dan Dewasa, Cerdas Cermat Alkitab anak dan remaja, Bertutur Anak, dan Paduan suara tingkat Dewasa.

Dalam sambutan, Bupati Ely mengatakan, penyelenggaraan Pesparani Katolik V ini, bukan ajang persaingan, melainkan ajang peningkatan kualitas kerohanian.

Baca Juga: Jelang Survei Calkada, Atapary Optimis Punya Elektabilitas Tinggi

“Pesparani merupakan suatu kegiatan yang mendatangkan kebersamaan, persaudaraan serta kedamaian dan sukacita yang bukan saja dirasakan oleh para peserta Pesparani namun kepada seluruh lapisan masyarakat yang ada di Bumi Saka Mese Nusa,” kata Ely.

Perlu disadari, SBB terdiri dari berbagai macam perbedaan, baik itu, suku, Ras maupun agama, namun tetap bersaudara, menjaga perdamaian dan kondusifitas masyarakat menjadi modal dasar dalam membangun bumi Saka Mese Nusa yang harmoni, serta sesuai dengan tema yang diangkat, yakni Kebersamaan dalam Keberagaman.

Selaku pemerintah daerah, ia memberikan apresiasi kepada pimpinan semua umat Katolik serta lembaga pembinaan dan pengembangan Pesparani SBB sekaligus menyambut baik kegiatan ini dengan suka cita.

Momentum Gerejani ini lanjutnya bertujuan untuk memuliakan kebesaran nama Tuhan dengan menyanyikan mazmur dan puji pujian, meningkatkan penghayatan iman dan ketakwaan serta memantapkan dan mempersiapkan kontingen untuk maju ke tingkat provinsi bahkan tingkat nasional.

“Kegiatan ini adalah kegiatan yang penting, karena memberikan kontribusi dalam membangun Kabupaten SBB yang Aman, adil dan bermartabat,” tutupnya.(S-18)