AMBON, Siwalimanews – Sebanyak 3,991 calon mahasiswa Universitas Pattmura Ambon yang melamar pada jalur seleksi Mandiri UTBK tahap pertama.

Namun dari jumlah tersebut, yang dinytakan lulus hanya 3.031 peserta. Sedangkan untuk Mandiri RPL, peminat yang mendaftat sebanyak 135 dan yang dinyatakan lulus sebanyak 125, sementara pada jalur Mandiri Pretasi, peminatnya 185 dan lulus 117 orang.

“Untuk tahap pertama dan kedua sudah kami lakukan, dan jalur seleksi Mandiri Unpatti dilakukan untuk memenuhi kuota yang tersedia 6.643 kuota. Keseluruhan kuota tersebut tentunya akan dipenuhi oleh ketiga jalur tersebut, yakni jalur SNBP dengan kuota yang 30 persen, SNBT kuota 40 persen dan jalur seleksi Mandiri 60 persen. Kami juga sudah merekap seluruh calon mahasiswa yang sudah melakukan daftar ulang pada Jalur SNBP dan SNBT, dengan tujuan untuk melihat jumlah kuota yang tersedia agar diisi oleh jalur seleksi mandiri,” Tulis Wakil Rektor Unpatti Bidang Akademik Dominggus Malle dalam rilisnya yang diterima redaksi Siwalimanews, Rabu (10/7).

Malle menjelaskan, penerimaan mahasiswa baru Unpatti ini melalui 3 jalur, yakni SNBP, SNBT dan seleksi mandiri. Untuk jalur SNBP dan SNBT, kelulusannya ditentukan oleh seleksi nasional penerimaan mahasiswa baru oleh  Balai Pengelolaan Pengujian Pendidikan (BPPP) Kementerian Pendidikan. Sedangkan untuk jalur seleksi mandiri diberikan kesempatan bagi perguruan tinggi untuk melaksanakan seleksi tersebut.

Sedangkan untuk jalur seleksi mandiri, dilakukan tiga jenis seleksi yaitu mandiri ujian tulis berbasis komputer (UTBK), mandiri rekognisi pembelajaran lampau (RPL) dan mandiri prestasi.

Baca Juga: Jemput Paket Barisi Narkotika, Tiga Pemuda Ini Diciduk Polisi

“Jadi kami juga akan membuka jalur seleksi mandiri gelombang II, dengan tujuan selain untuk memenuhi kuota yang sudah diberikan kepada Unpatti, tetapi secara khusus membuka kesempatan bagi program studi lainnya yang belum memenuhi kuota,” tulis Malle.

Calon mahasiswa yang dinyatakan lulus pada jalur seleksi mandiri UTB gelombang I tahun 2024 kata Malle, akan melakukan daftar ulang/registrasi ulang pada 9-29 Juli. Sedangkan pendaftaran jalur seleksi mandiri UTBK gelombang II akan dibuka pada 10-14 Juli dengan pelaksanaan mandiri UTBK berlangsung pada 15-17 Juli dan hasilnya akan diumumkan pada 20 Juli, serta daftar ulang pada 21-29 Juli.(S-25)