AMBON, Siwalimanews – Sedikitnya 25 peserta dinyatakan lulus Uji Kompetensi Wartawan dinyatakan kompeten oleh para penguji yang berlangsung di salah satu hotel ternama di Kota Ambon sejak 2-3 Agustus.

UKW ini sendiri merupakan kerjasama antara Persatuan Wartawan Indonesia Pusat dan daerah dengan Dewan Pers.

Kegiatan ini dibuka oleh Ketua Dewan Pers Ninik Rahayu secara online dihadiri oleh 6 orang penguji dan Ketua PWI Maluku Alex Sariwati dan anggota.

Rahayu berharap semua peserta dapat mengikuti kegiatan ini dengan baik karena yang menentukan kelulusan ada di tangan masing-masing.

“Kita menghargai kewenangan dari penguji untuk memberikan penilaian. kalau yang tidak lulus akan mengikuti ujian selanjutnya,” katanya.

Baca Juga: Belasan Rumah Warga Kamariang Terendam Banjir

Sementara itu Kabid Humas Polda Maluku, Kombes Areis Aminnulla yang bertindak sebagai sebagai ilustrator untuk ujian kompetensi wartawan muda mengaku doorstop merupakan salah satu bentuk wawancara yang kerap dilakukan wartawan untuk mendapatkan informasi dari narasumber.

“Kami Polda Maluku tentunya mendukung kegiatan UKW sehingga diharapkan bisa mela­hirkan wartawan yang berkompeten dan profesional pada kerja-kerja jurnalistik,” harap Areis.

Menurutnya, wartawan dan bi­dang humas Polda Maluku merupa­kan partner kerja. Sama-sama mem­butuhkan dalam hal penyampaian informasi kepada masyarakat.

“Semoga kerjasama yang profesional dan proporsional yang selama ini berjalan baik dengan rekan-rekan wartawan dapat terus ditingkatkan,” harapnya. (S-20)