BULA, Siwalimanews – Sebanyak 227 tenaga guru PPK formasi tahun 2023 di Kbaupaten Seram Bagian Timur terhitung, Kamis (30/5) mulai menjalankan tugas mereka, di setiap sekolah sesuai dengan SK penempatannya.

Tugas guru PPK ini mulai dijalankan setelah Plt Kepala Dinas pendidikan Sidik Rumalowak melepas ratusan guru ini untuk menuju ke sekolah masing-masing di lapangan apel Dinas Pendidikan, Kamis, (30/5).

Ia menuturkan, untuk tahap pertama ada 158 guru dan tahap kedua 211 guru sementara tahap ketiga terdapat 227 guru, sehingga total 496 tenaga guru yang tersebar di semua kecamatan ada di SBT.

“Saya yakin dan percaya, Insya Allah masalah pendidikan bisa kita selesaikan dengan baik. Tapi harus kerja dengan hati, kalau kerja dengan emosional pasti kita tidak akan tercapai,” ucap Rumalowak di hadapan ratusan tenaga guru PPPK.

Pemerintah kabupaten kata Rumalowak, membutuhkan para guru PPPK untuk ada disetiap desa, untuk memajukan pendidikan di Kabupaten SBT.

Baca Juga: DPRD Gelar Paripurna Serah Terima Jabatan Penjabat Bupati

Kehadiran ratusan guru PPPK ini, sekaligus menghapus keraguan yang ada, sebab tenaga guru PPPK diangkat oleh pemerintah, karena telebih dahulu telah menjadi tenaga guru honorer, sehingga SK ini menjadi legitimasi untuk mendapatkan hak-hak sebagai ASN.

Rumalowak  juga pada kesempatan itu mengingatkan semua guru tentang tugas dan tanggung jawab sebagai PPPK dan tidak boleh terlibat dalam politik praktis, apalagi saat ini memasuki moment pilkada.

“Kami ingatkan agar tidak terlibat dalam politik praktis,” tegas Rumalowak.(S-27)