AMBON, Siwalimamews- Pelaksanaan Olimpiade Sains (OS) Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (F-MIPA) Universitas Pattimura tahun 2024, berakhir.

Dari 3.342 peserta baik tingkat SD, SMP dan SMA yang berasal dari 330 sekolah pada 9 kabupaten/kota di Maluku, sebanyak 201 peserta dinyatakan sebagai pemenang I, II dan III.

Anak-anak jenius dari berbagai sekolah di Maluku itu diberi medali, penghargaan dan bonus uang, serta piala.

Penyerahan hadiah saat acara penutupan OS, yang berlangsung di Gedung Rektorat Unpatti lt. 2, Kamis (18/4).

Wakil Rektor Bidang Umum dan Keuangan, Prof Pieter Kakisina dalam sambutannya menjelaskan, jumlah peserta dalam OS 2024 meningkat. Ini menandakan ilmu MIPA semakin diminati oleh para siswa/i saat ini. Dan itu menjadi penting diera digitalisasi sekarang ini.

Baca Juga: KPK Setor 8,2 M Uang Pengganti & Denda RL ke Kas Negara

“Itu menunjukkan bahwa kemajuan teknologi saat ini mulai diikuti oleh siswa/i kita. Dan kemajuan suatu negara itu salah satunya dilihat dari kemampuan sains. Sehingga kami berterima kasih kepada semua pihak, kepala sekolah, guru pendamping, yang telah memotivasi dan mendorong, termasuk para orang tua,”tuturnya.

Atas nama pimpinan universitas, pihaknya juga menyampaikan selamat kepada para peserta. Dan terima kasih pula kepada para pihak yang telah mensponsori pelaksanaan OS tahun 2024 ini.

Dia juga mengingatkan agar tetap belajar untuk meningkatkan kemampuan ilmu sains, karena itu menjadi dasar untuk bisa menguasai ilmu dan teknologi. Sehingga bukan saja sebagai pengguna teknologi, tetapi bisa sebagai perancang dan penemu teknologi dimasa depan.

“Para pimpinan sekolah dan guru pendamping, tetap tingkatkab kualitas siswa/i-nya,”pintanya.

Ditempat yang sama, Plt. Dekan F-MIPA Unpatti, H J Wattimanela juga menyampaikan terima kasih kepada Univeristas dan semua pihak yang telah membantu hingga terlaksananya OS tersebut.

Menurutnya, kemajuan suatu bangsa tidak akan lebih dari pada kemajuan pendidikannya. Sehingga jangan menunggu hebat baru memulai, tetapi haruslah memulai untuk menjadi hebat.

“Kepada para pemenang, jangan tinggi hati, selalu rendah hati sehingga kalian akan lebih tinggi lagi,”ujarnya.

Dia menambahkan, bahwa para pemenang ini akan dipersiapkan untuk mengikuti OS tingkat nasional, dan jika berhasil, sampai ke tingkat internasional.

“Intinya kita harus terus berupaya untuk bisa mencapai yang lebih tinggi,”katanya.

Sementara itu, Ketua Panitia, Ivonne Telussa dalam laporannya menyampaikan, bahwa ini merupakan OS yang ke-16.

Sebanyak 3.342 tercatat sebagai peserta yang berasal dari 330 sekolah meliputi 9 Kabupaten/Kota se-Provinsi Maluku dengan rincian tingkat SD (1.468) peserta berasal dari 185 sekolah, SMP berjumlah (1.130) peserta yang berasal dari 100 sekolah, dan SMA berjumlah (744) yang berasal dari 45 sekolah.

Dari proses itu, awalnya sebanyak 737 peserta berhasil masuk babak final, baik tingkat SD, SMA dan SMA. Dan yang berhasil mendapatkan medali sebanyak 201 peserta. tingkat SD penerima medali emas (9), medali perak (25), perunggu (45), total (79). Sementara SMP, emas (6), perak (24), perunggu (41), total (71). Dan untuk tingkat SMA, emas (9), perak (16), perunggu (26), total (51).

“Khusus untuk piagam penghargaan, akan diberikan bagi sekuruh peserta yang mengikuti OS tahun 2024,”ujar Telussa. (S-25)