AMBON, Siwalimanews – Sebanyak 16 advokat dibawah naungan Ikatan Advokat Indonesia Maluku, Kamis (8/8) dilantik dan diambil sumpahnya oleh Wakil Ketua Pengadilan Tinggi Ambon Puji Harian di Pengadilan Tinggi, Kamis (8/8).

Mereka yang dilantik yakni, Abner Holago, Chreisty Alfin Souissa, Febriah Sopamena, Guy G J Pulumahuny, Harry Ricardo Joris, Herdion A Marantika, Landu, Lorens Werluka, Munazar Umar, Marcus Tahya, Haidar Ali, Nikolas Okmermera, Sahiyadin, Thomas Tanate, Yansen F Talakua dan Zakarias Th Ritiauw.

Wakil Ketua PT dalam sambutannya berharap, para advokat yang baru dilantik dan diambil sumpahnya ini dapat menjalankan tugas profesinya dengan adil.

Pasalnya, sebagai bagian dari aparat penegak hukum yang tetap berkomitmen menegakan keadilan, perlindungan HAM dan selalu dapat memberi kenyamanan bagi pencari keadilan di seluruh wilayah NKRI.

“Sebagai APH dan pilar penting dalam penegakkan hukum dan keadilan, advokat harus tetap menjunjung tinggi nilai-nilai yang terkandung di dalam Pancasila dan UUD 1945 harus dapat melandasi tugas dan profesi advokat dalam memberikan perlindungan hukum dan HAM serta memperjuangkan  keadilan bagi masyarakat pencari keadilan,” pintanya.

Baca Juga: Terbukti Bersalah, Sumarsono Divonis 5 Tahun Penjara

Ia juga mengingatkan agar mereka yang baru ini bisa belajar hal-hal positif dari para senior, serta perlunya memiliki banyak referensi hukum dalam melaksanakan tugas profesi berdasarkan UU Nomor 18 tahun 2003 tentang Advokat.

Yang terpenting menurutnya, seorang advokat harus tetap menjunjung tinggi kode etik advokat dan kode perilaku advokat.

Advokat adalah profesi mulia, karena itu, jaga kehormatan itu, demikian juga harkat dan martabat sebagai seorang advokat dengan menjunjung tinggi jiwa korps sebagai APH, dan selalu menghormati APH yang lain.

Sementara itu, Ketua DPD Ikadin Maluku Alexius Anaktototy menjelaskan, sebelum dilantik, ke-16 anggota baru ini telah mengikuti pendidikan khusus profesi advokat atau PKPA dan ujian profesi advokat  atau UPA yang diselenggarakan DPD Ikadin Maluku bekerja sama dengan Fakultas Hukum Universitas Pattimura Ambon beberapa waktu lalu.

“16 orang ini sebelumnya telah dinyatakan lulus dalam PKPA dimaksud, sehingga mereka hari ini dilantik dan diambil sumpahnya,’ ucap Alexius.(S-25)