AMBON, Siwalimanews – Pimpinan DPRD Kota Ambon periode 2024-2029 bakal gunakan mobil dinas baru karena mobil lama sudah dijual.

Pemkot harus menggelontorkan anggaran Miliaran rupiah untuk pengadaan modis baru, lantaran mobil yang digunakan pimpinan sebelumnya telah ditebus pemiliknya.

Tiga unit mobil yang dilelang selama ini digunakan oleh Ely Toisuta (ketua), Gerald Mailoa ( wakil ketua I) dan Rustam Latupono (wakil ketua II)

Sekretaris DPRD Ambon Apries Gaspersz, kepada wartawan membenarkan soal tiga unit modis tersebut sudah dibeli oleh eks pimpinan dewan.

“Ibu Ely sudah mengembalikan mobil jenis Camry dan sekarang dipakai oleh Ketua Sementara. Sedangkan yang Pajero, itu ada aturannya bahwa mantan pimpinan DPRD boleh membeli, jadi sudah diproses untuk pembelian bagi ketiga mantan pimpinan, dan itu akan dilakukan sesuai ketentuan,” jelasnya.

Baca Juga: Tingkatkan PAD, Dewan Warning BUMD

Menurutnya bagi eka pimpinan DPRD, dapat membeli kendaraan dinas perorangan tanpa melalui lelang jika memenuhi persyaratan seperti memiliki masa kerja atau pengabdian minimal empat tahun secara berturut-turut sejak ditetapkan sebagai pimpinan DPRD.

“Kalau itu memenuhi, boleh dan prosesnya ke kas umum daerah sesuai,” ungkapnya.

Dijelaskan untuk harga jual sendiri tim dari Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang sementara menghitungnya.

“Mereka sementara menghitungnya,” ungkapnya singkat. (S-25)