PASCA pengelolaan diambil alih Pemerintah Provinsi Maluku, kondisi Pasar Mardika kembali semrawut.

Kesemberautan pengelolaan Pasar Mardika tersebut disesalkan anggota DPRD Provinsi Maluku yang juga mantan wakil ketua Pansus Pasar Mardika, Jantje Wenno kepada Siwalima, melalui telepon selulernya, Rabu (24/7).

Fakta di lapangan hari ini, kata Wenno,  pasar yang baru diresmi oleh pemerintah pusat itu terlihat banyak pedagang sudah mulai melakukan aktivias dengan berjualan di sekitaran halaman pasar tersebut.

Menurut Wenno, dengan kewenangan pengelolaan Pasar Mardika sudah seharusnya pemerintah provinsi melakukan pembersihan di sekitar pasar agar terlihat lebih baik.

“Pansus Pasar Mardika sudah memutuskan pengelolaan Pasar Mardika oleh pemerintah provinsi, jadi kalau mereka sudah ambil tanggungjawab maka urus yang benar dong,” ujar Wenno.

Baca Juga: Walikota Lantik 10 Pejabat Eselon II

Pemprov harus secepatnya menertibkan pedagang yang saat ini sedang berjualan di dalam areal pasar sehingga tujuan pembangunan pasar baru sebagai pasar modern dapat tercapai.

Wenno menegaskan, harus ada ketegasan dari Pemerintah Provinsi termasuk mencarikan solusi atas persoalan pedagang yang enggan berjualan didalam pasar baru, sebab jika tidak ada kebijakan yang tegas maka pasti pasar mardika akan kembali sembrawut.

“Kalau seng mampu jangan ambil tanggungjawab serahkan kepada orang lain, kalau mau ambil tanggungjawab urus yang benar supaya pedagang dan masyarakat tidak di rugikan,” terangnya. (S-20)