AMBON, Siwalimanews – Calon Walikota Ambon Jantje Wenno mendorong percepatan pembentukan sekolah musik, guna mendukung Ambon sebagai kota musik dunia.

Untuk mendukung status Ambon sebagai kota musik dunia yang sudah diakui UNESCO kata Wenno. memang sudah ada gagasan dari beberapa pihak dan telah dibangun di lahan Unpatti. Namun, sampai hari ini belum ada bantuan pemerintah daerah untuk mendukung pendirian sekolah musik tersebut, akibatnya gedung yang sementara dibangun belum rampung.

“Seharusnya pemerintah daerah mendukung dan harusnya juga sudah ada sekolah musik di Ambon. Memang saat ini ada gagasan dari teman-teman untuk membangunnya di lahan milik Unpatti,” ucap Wenno kepada Siwalimanews melalui telepon selulernya, Jumat (28/6).

Sekolah musik kata Wenno, merupakan kebutuhan yang harus dipenuhi agar Ambon sebagai kota musik bukan hanya sekedar status saja. Pasalnya, dengan keberadaan sekolah musik, akan sangat membantu anak muda dalam mengembangkan talenta mereka dengan biaya yang bisa dijangkau.

Selain itu, nantinya di sekolah musik juga dilakukan pengembangan kurikulum lokal hingga berbagai alat musik tradisional, seperti jukulele yang saat ini mulai dikembangkan di sekolah-sekolah dasar.

Baca Juga: Proyek DAK Mulai Dikerjakan, Atapary Warning Dikbud

“Menurut pandangan saya, kita harus mengarahkan anak-anak sejak usia dini untuk mengembangkan bakat atau talenta yang ada, seperti hobi bermain musik, maka diarahkan secara khusus lewat sekolah musik,” tandas Wenno.

Wenno mengaku, ada banyak alat musik yang bisa dikuasai secara profesional lewat pendidikan khusus di sekolah musik, termasuk olah vokal, apalagi anak-anak di Ambon memiliki bakat menyanyi dengan suara yang baik.(S-20)