AMBON, Siwalimanews – Penjabat Walikota Ambon Dominggus Kaya berharap kepada bawahannya untuk maksimal mengelola APBD . Guna meminimalisir hutang kegiatan yang menguras APBD harus dihentikan sementara.

“Kalau bilang defisit anggaran, itu tidak juga. Tetapi, langkah ini diambil untuk meminimalisir adanya hutang,” ungkap Kaya   saat kegiatan Verifikasi Lapangan Tsunami Ready Community, di SMP 3 Ambon, Rabu (12/6)

Ia menyebut untuk pengelolaan APBD secara maksimal dan terstruktur itu, maka untuk sementara seluruh kegiatan maupun proyek di Pemkot Ambon dihentikan.

Menurutnya, penghentian proyek maupun kegiatan di Pemkot Ambon, tidak dilakukan secara total.

“Ada proyek-proyek yang dihentikan, karena akan dilakukan inventarisasi dan kita nanti akan kaji lagi mana yang akan dilakukan penjadwalan ulang. Supaya kita bisa lihat mana yang skala prioritas dan mana yang kita bisa negosiasi untuk dibayar nanti kemudian,” jelasnya.

Baca Juga: Terdakwa Akui Sejumlah Pejabat Poltek Keciprat Uang Korupsi

Langkah yang diambilnya, disamping meminimalisir hutang, ia juga menginginkan agar diakhir masa jabatannya, Ia ingin menyerahkan APBD yang sehat bagi walikota maupun wakiil walikota terpilih nantinya.

“Artinya kita ingin meminimalisirkan hutang. Kalau hutang nol, yah nol. Keinginan itu karena saya ingin mewariskan kepada walikota dan wakil terpilih itu APBD yang bersih. Atau sebuah kondisi APBD yang sehat,” pungkasnya. (S-29)