AMBON, Siwalimanews – Penjabat Walikota Ambon Dominggus Kaya didampingi ketua TP PKK Kota Ambon Ny Deasy Kaya, menghadiri kegiatan Apresiasi Duta dan Jambore Ajang Kreativitas Generasi Berencana ((ADUJAK GenRe) tingkat masional tahun 2024 yang berlangsung 17-21 September di Bali.

Tak hanya hadir dalam kegiatan itu, namun walikota bersama Ketua TP juga turut tampil dalam pertunjukan kreativitas duta GenRe Maluku, Kamis (19/9) di Ballroom Hotel Prime Plaza Sanur Bali.

Pertunjukan kreativitas tersebut, diikuti oleh perwakilan 34 provinsi, termasuk Maluku, dimana setiap provinsi yang hadir menampilkan tari, lagu, narasi yang mempresentasikan program yang dikerjakan masing-masing forum GenRe dengan durasi lima menit.

Usai tampil pada pertunjukan itu, walikota menyampaikan beberapa pesan kepada orang tua, bahwa pentingnya parenting atau pola asuh dalam kehidupan keluarga.

“Pertunjukan berkisah tentang seorang anak yang punya prestasi di sekolah, namun dipengaruhi oleh lingkungan. Disitulah peran orang tua dalam membangun pola asuh atau parenting,” tulis walikota dalam rilisnya yang diterima redaksi Siwalimanews, Jumat (20/9).

Baca Juga: Gandeng Unpatti, Kanwil Kemenkumham Gelar MIPC

Walikota menjelaskan, dari penampilan duta GenRe Maluku, digambarkan walaupun ada cobaan dari lingkungan yang menarik sang anak, baik itu berupa, seks bebas, penyalahgunaan narkoba, dan bentuk kenakalan remaja lainnya, namun dengan adanya pola asuh yang tepat dari orang tua, maka akan dapat menyelamatkan masa depan anak tersebut.

“Dengan kuatnya parenting yang dibangun sejak kecil, dapat membebaskan anak tersebut dari godaan, sehingga memiliki masa depan yang baik,” tulis walikota.

Walikota berharap, penampilan perwakilan Provinsi Maluku dalam ajang tersebut, akan mendapatkan nilai yang baik dari para juri, sehingga turut mengharumkan nama Kota Ambon.

Masih dalam rilis itu, Kepala Perwakilan BKKBN Maluku Mauliwaty Bulo menambahkan, orang tua perlu terbuka dalam meningkatkan pengetahuan dan wawasan tentang parenting.

“Tidak ada sekolah menjadi orang tua sehingga harus terbuka, belajar mendapatkan informasi bagaimana pengasuh bagi anak dan remaja,’ tandasnya.

BKKBN Maluku lewat program GenRe ini tulis Bulo ingin menyebarkan “virus” generasi muda yang merencanakan hidupnya secara baik sejak awal.

“Belum semua remaja merencanakan hidupnya, merencanakan sekolah, bekerja hingga menikah. Kalau semua direncanakan sejak awal, maka tentu akan berjalan dengan baik,” jelasnya.(S-29)