AMBON, Siwalimanews – Penjabat Walikota Ambon Dominggus Kaya mendorong mendorong ketersediaan akses keuangan yang seluas-luasnya kepada masyarakat dalam rangka mendukung perekonomian daerah.

Hal ini disampaikan walikota dalam sambutan yang dibacakan oleh Staf Ahli Bidang Ekonomi Pembangunan dan Kesejahteraan Kota Ambon, Alex Hursepuny ketika membuka rapat pleno Tim Percepatan Akses Keuangan Kota Ambon (TPAKD) di Karang Panjang, Senin (26/8).

Walikota mengaku, TPAKD dibentuk untuk mendorong ketersediaan akses keuangan kepada masyarakat.

Kehadiran TPAKD mendapat perhatian penuh dari Kementerian Dalam Negeri sebagai bentuk dukungan terciptanya pencapaian program pemerintah mengenai strategis nasional keuangan inklusif.

“TPAKD lahir sebagai forum koordinasi bagi lembaga pemerintah dan pemangku kepentingan terkait untuk mengakses keuangan di daerah dalam mendukung pertumbuhan regional dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat untuk mendorong pembangunan dan pertumbuhan daerah melalui inklusi keuangan,” jelas walikota.

Baca Juga: Mirnawati Derlean Jadi Penjabat Sekda SBT

Lembaga ini juga telah terbentuk sejak tahun 2021. Di tahun 2022 melalui program Satu Rekening Satu Pelajar, telah mendapatkan award dari OJK Pusat, sebagai salah satu finalis terbaik nasional dalam implementasinya.

Di tahun berikutnya, program Satu Rekening Satu Pelajar juga mendapatkan penghargaan dari gubernur Maluku.

Untuk itu ia berharap melalui kegiatan ini, program kerja yang nantinya akan disusun oleh se­luruh pihak yang tercantum dalam SK dan stakeholder lain­nya dapat memberikan dampak bagi warga kota seluruhnya.

“Melalui keterlibatan berbagai pihak penyusunan program kerja diharapkan lebih terstruktur dan sesuai kebutuhan secara kondisi di daerah sehingga target akhir­-nya dapat berdampak secara signifikan terhadap perluasan keuangan,” harapnya. (S-27)