PENJABAT Walikota Ambon Dominggus Kata merasa bangga karena terpilih dan mendapatkan penghargaan Pembina Program Kampung Iklim dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan.

Betapa tidak, Kota Ambon merupakan satu-satunya kota di wilayah Regional Maluku-Papua yang berhasil memperoleh penghargaan tersebut.

“Pemkot Ambon patut berbangga karena penghargaan tersebut merupakan satu-satunya wilayah di Regional Maluku-Papua yang berhasil memperoleh penghargaan,” jelasnya usai menerima penghargaan dari Menteri LHK, Siti Nurbaya, di Jakarta Convention Center (JCC) Jumat (9/8).

Selain Pemkot Ambon, Dusun Kusu-Kusu Sereh, Negeri Nusaniwe, Kecamatan Sirimau juga menerima penghargaan Trophy ProKlim kategori utama dari KLHK.

Capaian yang didapat Pemkot Ambon kata Kaya, merupakan bukti kerja nyata seluruh pihak, untuk itu ia memberikan apresiasi kepada seluruh pihak yang terlibat dalam mewujudkan keberhasilan tersebut.

Baca Juga: Pemkot Terima Penghargaan UHC

“Kita bersyukur dan berharap program ini terus berkelanjutan untuk mewariskan lingkungan hidup yang baik kepada generasi mendatang,” ujarnya.

Dirinya menjelaskan penghar­gaan ini diberikan karena kam­-pung tersebut memang sudah tertata secara struktur dalam melakukan adaptasi dan mitigasi terhadap perubahan iklim.

Olehnya itu ia berharap di tahun depan makin banyak desa/negeri/kelurahan juga dusun atau komunitas yang dibina bisa mendapatkan penghargaan yang sama, bahkan kategori yang tinggi yakni ProKlim Lestari.

Untuk diketahui pada 2020-2023 total ada 46 lokasi di Kota Ambon yang menerima Penghargaan ProKlim diantaranya 6 (enam) Trophy ProKlim Utama, 31 Sertifikat Proklim Utama, dan 9 sertifikat ProKlim Madya.

Sementara untuk tahun 2024, 1 Trophy ProKlim Utama,10 Sertifikat ProKlim Utama dan 3 (tiga) Sertifikat ProKlim Madya.

Sebelumnya Menteri LHK, Siti Nurbaya dalam pidatonya menyatakan ProKlim telah dimulai sejak 2011 lalu dengan tujuan meningkatkan kesadaran dan partisipasi masyarakat terhadap dampak perubahan iklim dan emisi gas rumah kaca.

Hingga saat ini, telah tercapai 10.113 Lokasi ProKlim, dari target 20.000 Lokasi di seluruh Indonesia. Dengan semakin banyaknya komunitas yang bergabung dalam ProKlim baik dari unsur Masyarakat maupun Swasta, Menteri Siti Nurbaya optimis target tersebut dapat tercapai di tahun ini. (S-29)