TIAKUR, Siwalimanews – Wakil Bupati Maluku Barat Daya Agustinus Kilikily berharap banyak kepada pengurus Majelis Ulama Indonesia (MUI) yang baru saja dilantik.

“Saya harap MUI menjadi garda terdepan dalam menjaga keha­r­monisan dan ketentraman antar umat beragama di MBD,” ujar Kilikily dalam sambutan ketika pelantikan pengurus MUI MBD periode 2024-2029 di Kota Diakur belum lama ini.

Dalam sambutan juga ia meminta agar pengurus yang baru dapat menjalin kerjasama dengan pemerintah dan lembaga lainya di bumi Kalwedo.

“Kehadiran MUI harus dapat dirasakan manfaatnya oleh seluruh lapisan masyarakat,” pesanya.

Ditempat yang sama Wakil Ketua Umum MUI Maluku, Abdul Haji Latua, dalam sambutannya, me­nekankan pentingnya peran ulama dalam memberikan bimbingan moral dan spiritual bagi masyarakat.

Baca Juga: PLN UP3 Masohi Penuhi Kebutuhan Listrik CV Batu Seram Jaya

Beliau menambahkan MUI memiliki peran strategis sebagai pilar dalam membangun kehidupan beragama yang harmonis di tengah masyarakat.

“Fungsi utamanya adalah hadir sebagai pelayan umat, memberikan panduan dalam kehidupan keaga­maan, serta berperan sebagai mitra pemerintah dalam menyusun kebijakan yang berdampak pada masyarakat luas,” ingatnya.

Olehnya itu MIU harus hadir pada umat, sebagai pelayan masyarakat dan mitra pemerintah.

Sementara itu Ketua MUI MBD Muhamad Tahir menambahkan apa yang diemban saat ini merupakan amanah. Oleh karena itu, tentu tidak bisa menjalankannya sendiri.

“Tugas ini harus dilaksanakan secara kolektif dan bekerja sama dengan seluruh pengurus lainnya. Selain itu, dukungan dari pemerintah juga sangat diperlukan agar MUI dapat menjalankan perannya secara optimal demi kebaikan umat dan masyarakat,” ujarnya.

Melalui mimbar ini ia berharap untuk saling mendukung, mensuport dan saling menolong dalam menciptakan kedamaian di bumi Kalwedo.

Pelantikan ini diakhiri dengan doa bersama, serta diiringi dengan harapan bahwa kepengurusan baru MUI MBD akan membawa dampak positif dalam pembangunan moral dan spiritual masyarakat.

Acara yang berlangsung penuh hikmat ini mendapatkan antusiasme dari masyarakat yang hadir, menan­dakan dukungan penuh terhadap MUI sebagai lembaga yang berperan penting dalam menjaga harmoni dan kesejahteraan umat.

Hadir dalam acara tersebut jajaran forkopimda dan pimpinan OPD lingkup Pemkab MBD dan tamu undangan lainnya. (S-28)