AMBON, Siwalimanews – Usai melakukan proses penyaringan tahap I dengan melakukan fit and proper test bagi Bakal Calon Bupati-Wakil Bupati dan Walikota-Wakil Walikota untuk beberapa kabupaten/kota di Maluku, yang berlangsung  Minggu (19/5) dan Senin (20/5).

Hari ini, Selasa (21/5) yang mana sesuai agenda DPD PDI Perjuangan Provinsi Maluku, bahwa akan dilakukan fit and proper test bagi 4 Balon Walikota Ambon, yakni Agus Ririmasse, Bodewin M Wattimena, Jantje Wenno dan Tadi Salampessy, akan ditunda hingga selesai Rapat Kerja Nasional (Rakernas) yang berlangsung di Jakarta.

Wakil Ketua Tim Penjaringan DPD PDI Perjuangan, Robby Tutuhatunewa, dalam rilisnya, Selasa (21/5) menjelaskan, selain Kota Ambon, ada juga untuk kandidat balon dari Maluku Tengah dan Malra, SBT dan satu dari Buru Selatan, yakni Safitri Malik Soulissa yang sebelumnya tertunda karena kondisi kesehatannya.

Untuk Kabupaten Maluku Tengah, ada  Muhamat Marasabessy, Mirati Dewaningsih sementara Malra ada Jamaludin Koedoeboen, dan  Petrus Beruatwarin.

Baca Juga: Jalan Saparua-Haria Rusak Parah, Pemprov Diminta Tanggani

“Berkenaan dengan tahapan proses pendaftaran Bupati-Wakil Bupati dan Walikota-Wakil Walikota se Maluku, maka DPD PDI Perjuangan Maluku udah masuk tahapan penyaringan bakal calon Bupati/Wakil Bupati dan Walikota-Wakil Walikota dimana tahapan ini dilakukan untuk mendapatkan input atas nama-nama yang mendaftar di PDI Perjuangan sebelum disampaikan kepada DPP PDI Perjuangan sebagai institusi terakhir yang akan menetapkan Rekomendasi,”ujarnya.

Terkait proses penyaringan tahap I yang Senin malam  diskors karena  sudah larut malam, dan berpapasan dengan agenda keberangkatan sejumlah fungsionaris partai, baik ditingkat DPD maupun DPC PDI Perjuangan yang akan berangkat ke Jakarta pagi ini (Selasa red) untuk mengikuti Rakernas di Jakarta yang berlangsung dari tanggal 22-26 Mei 2024.

Dengan demikian, proses penyaringan akan kembali berlanjut setelah tanggal 28 Mei 2024.

“Sebagaimana diketahui sampai dengan Senin (20/5), pukul 00.00 WIT  DPD PDI Perjuangan telah menyelesaikan Bakal Calon dari sejumlah daerah masing-masing, Bursel, SBB, SBT, Kota Tual, MBD dan KKT. Selebihnya, Kota Ambon, Buru, Maluku Tengah, dan beberapa Balon yang karena kesibukannya telah meminta ijin, baru akan diselesaikan pada 27 Mei 2024,”jelasnya.

Ditambahkan, setelah tahapan penyaringan ini selesai, maka akan dilanjutkan dengan FGD dan survei terhadap bakal calon Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, serta Walikota dan Wakil Walikota yang lembaga surveinya akan ditetapkan oleh DPP PDI Perjuangan.(S-25)