AMBON, Siwalimanews – Universitas Pattimura kembali menjajakan kerjasama. Kali ini dengan Bank Syariah Indonesia (BSI).

Penandatanganan MoU dilaku­kan oleh Rektor Unpatti Fredy Leiwakabessy dan Area Manager BSI Manado Tengku Chandra Husnadi yang berlangsung di ruang rektorat Unpatti, Jumat (18/10).

Rektor mengatakan, kerjasama ini berkaitan dengan pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat serta penyediaan produk dan jasa layanan perbankan juga lainnya.

“Sebagai badan layanan umum, Unpatti memiliki konsekuensi, yaitu harus bisa menjalin kerjasama dengan berbagai pihak untuk memperkuat aset bisnis yang dimiliki,” ungkapnya.

Menurutnya Unpatti bisa me­nunjukan kinerja yang profesional baik dalam bidang akademik, non akademik maupun penguatan pada unit bisnis serta pendapatan yang lain.

Baca Juga: Asesor Lakukan Asesmen Lapangan Prodi Administrasi Pendidikan

Ia mengaku konsekuensi lain dari BLU adalah harus membayar remunerasi, baik itu Tukin bagi pegawai tenaga kependidikan dan juga kinerja akademik bagi tenaga dosen. Maka dari itu harus ada pendapatan diluar PNBP UKT.

“Kami ingin mengembangkan beberapa area bisnis yang dimiliki Unpatti dan telah mengajukan proposal kepada beberapa pihak swasta untuk dapat membantu perihal pengembangan aset bisnis tersebut,” katanya.

Kementerian Keuangan lanjutnya, memberikan kesempatan kepada BLU untuk berkreasi untuk bagaimana mengembangkan aset-aset tidak bergerak agar produktif dan menjadi sumber pendapatan dan hal itu membutuhkan modal.

“Kita memiliki aset yang cukup besar baik yang ada di Poka, Hila, Seram, Batu Gaja, Taman Makmur, Air Lou dan wilayah ini adalah wilayah yang produktif dan kita akan coba untuk mengembangkan itu namun harus melakukan beberapa pendekatan,” urinya.

Di kesempatan yang sama, Tengku Chandra menyampaikan terima kasih atas kerjasama tersebut.

“Kami berharap kedepan Unpatti dan BSI dapat bersinergi dan berkolaborasi dengan baik untuk mendukung apa yang menjadi harapan, serta cita-cita bersama,” katanya.

BSI juga akan mensupport dan memberikan layanan kerjasama dibidang keuangan.

“Keberadaaan BSI di seluruh Indonesia diharapkan mampu mensupport  layanan dan per­tumbuhan pemberdayaan ekonomi Indonesia melalui berbagai program,” tandasnya. (S-25)