AMBON, Siwalimanews – Universitas Pattimura Ambon memperingati Hari Pendidikan Nasioanl tahun ini yang dilaksanakan dalam satu upacara yang diikuti civitas akademika dan tenaga kependidikan serta siswa siswi sekolah laboratorium Unpatti di lapangan upacara kampus tersebut, Kamis (2/5).

Perayaan Hardiknas 2024 dengan tema Bergerak Bersama Lanjutkan Merdeka Belajar itu bertindak selaku inspektur upacara Rektor Unpatti Fredy Leiwakabessy sekaligus membacakan pidato Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Nadiem Anwar Makarim.

Mendikbud dalam sambutannya mengatakan, bukan hal yang mudah untuk mentransformasi sebuah sistem untuk mengubah perspektif tentang proses pembelajaran. Ini butuh perjuangan menuju perbaikan dan kemajuan.

“Terutama saat kita dihadapkan dengan tantangan pandemi, dimana dampak yang ditimbulkan mengubah proses belajar mengajar dan cara hidup kita secara drastis. saat yang sama, pandemi memberi kesempatan untuk mengakselerasi perubahan. Dan kini dengan bergotong-royong, kita berjuang untuk pulih dan bangkit kembali menjadi jauh lebih kuat,” ujarnya.

Saat ini lanjut Mendikbud, dunia pendidikan  sudah mulai merasakan perubahan dengan langkah serempak dan serentak,  wajah baru pendidikan dan kebudayaan Indonesia sedang dibangun bersama dengan gerakan Merdeka Belajar.

Baca Juga: Setelah PDIP, Orno Merapat ke Hanura dan PKB Maluku

Guru dan anak-anak berani mencoba hal-hal baru karena mendapatkan kepercayaan untuk mengenal dan menilai. Para mahasiswa yang siap berkarya dan berkontribusi karena ruang untuk belajar tidak lagi terbatas di dalam kampus.

“Dan kita sudah merayakan lagi semarak karya-karya yang kreatif karena seniman dan pelaku budaya terus didukung untuk berekspresi. Lima tahun bukan waktu yang sebentar untuk menjalankan tugas memimpin gerakan Merdeka Belajar. Namun, lima tahun juga bukan waktu yang lama untuk membuat perubahan yang menyeluruh. Kita sudah berjalan menuju arah yang benar, tetapi tugas kita belum selesai, semua yang telah kita jalankan harus diteruskan sebagai gerakan yang berkelanjutan,”katanya.

Diakhir masa pengabdiannya selaku Menteri dia berharap, ini tidak menjadi titik akhir dari gerakan Merdeka Belajar.

Dirinya menitipkan sistem Merdeka Belajar untuk dilanjutkan.

“Saya menitipkan sistem ini kepada kalian semua, para penggerak perubahan yang tidak mengenal kata menyerah untuk membawa Indonesia melompat ke masa depan,”harapnya.

Pada kesempatan itu, Rektor juga memberikan penghargaan sebagai bentuk apresiasi kepada 8 mahasiswa Unpatti atas prestasi pada kegiatan Pemilihan Mahasiswa Berprestasi (PILMAPRES) tingkat Universitas tahun 2024.(S-25)