AMBON, Siwalimanews – Fakultas kedokteran Universitas Pattimura berencana akan membuka lagi program studi baru yakni Program Studi Pendidikan Kedokteran Gigi, Program Sarjana dan Profesi Dokter Gigi.

Sebelum membuka, digelarnya bimtek dalam rangka pembukaan prodi baru yang berlangsung di ruang Dekan Fakultas Kedokteran, Jumat (14/7) dengan menghadirkan sejumlah narasumber seperti Deny Kurniawan dari Direktorat Kelembagaan Kemendikbudristek, dan Juni Handajani dari Departemen Biologi Oral Fakultas Kedokteran Gigi UGM.

Rektor Universitas Pattimura, Fredy Leiwakabessy mengatakan, kegiatan ini sekaligus  memantau perkembangan serta persiapan pembukaan prodi baru.

“Kerjasama antara Universitas Pattimura dan Universitas Hasanuddin sudah berlangsung kurang lebih 3 tahun dan Unhas sendiri sudah banyak membantu proses pembentukan prodi kedokteran gigi ini,” ujarnya.

Dengan itu sehingga diharapkan, visitasi dapat segera dilakukan oleh Kemdikbud Ristek agar ini segera dibentuk dan bermanfaat bagi pengembangan pelayanan kesehatan di Maluku menuju era Indonesia Emas 2025.

Baca Juga: Tekan Kemiskinan, IRSA-Unpatti Gelar Konferensi Internasional

Sementara itu, Dekan Fakultas Kedokteran Universitas Pattimura,. Bertha Jean Que juga mengatakan Maluku sebagai daerah kepulauan, masih menjadi kendala dalam pendistribusian serta kesetaraan pelayanan kesehatan.

Untuk itu diharapkan dalam bimtek tersebut dapat diketahui mana yang perlu dievaluasi dan perbaikan sesuai dengan persyaratan yang diajukan.

“Semoga hasil Bimtek ini dapat divisitasikan secara baik, agar secepatnya Fakultas Kedokteran dapat mengantongi ijin untuk pembukaan prodi kedokteran gigi,” harapnya.

Diketahui, kegiatan ini turut dihadiri Wakil Rektor Bidang Akademik Dominggus Malle, Dekan Fakultas Kedokteran Universitas Hasanuddin, Irfan Sugianto, Direktur Rumah Sakit Gigi dan Mulut Universitas Hasanuddin, drg. A. Tajrin, FKG Universitas Hasanuddin, drg. Adam Malik Hamudeng, para Wakil Dekan Fakultas Kedokteran, serta tamu undangan lainya. (S-25)