BANJARMASIN, Siwalimanews – Johny Johan Tuturup menjadi satu-satunya atlet wartawan Maluku yang mengharumkan nama Maluku di Pekan Olahraga Wartawan Nasional (Porwanas) XIV, Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan.

Tuturup mempersembahkan medali perunggu untuk kontingen Seksi Wartawan Olahraga (Siwo) Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Provinsi  Maluku dari cabang olahraga Billiard (bola 8 Single).

Bermain di babak penyisihan Billiard, Tuturup menang atas Fredi dari Provinsi Sumatera Selatan dengan skor 4-1.

Di babak 16 besar, Tuturup berhadapan atlet asal Nusa Tenggara Barat Darmansya Darimunthe. Ia menang telak dengan skor 4-0 dan melangkah ke babak 8 besar.

Di babak 8 besar, altet Maluku berhadapan dengan atlet asal Sulawesi Barat yang juga Ketua Siwo Sulbar, A.Habda Nahyan. Tuturup menang dengan skor 4-2.

Dengan kemenangan ini membawa Tuturup meraih tiket ke semifinal Billiard (bola 8 Single).

Di babak semifinal, atlet Maluku berhadapan dengan atlet Papua Barat Risfandi Tangke. Permainan ini dimenangkan oleh Tangke atas Tuturup dengan skor 5-1. Tuturup harus puas meraid medali Perunggu.

Untuk  medali Perunggu, panitia menetapkan juara bersama yakni atlet Jawa Barat, Anwar Syahdat dan Jhon Tuturup dari PWI Maluku.

Untuk diketahui bahwa, Siwo PWI Maluku membawah 3 atlet untuk 3 cabor yaitu Atletik, Biliar dan Kartu Domino.

Di untuk cabor Atletik, lari 5000 meter putra, perwakilan maluku diikuti oleh Aprilian Sipahelut. Walau tidak mendapat medali, tetapi ia masuk dalam 10 besar dari 16 atlet.

Untuk Domino, nomor Single perseorangan kartu terbuka dan tertutup di wakili oleh Iskandar Pentury. Lolos ke 16 besar, namun Iskandar gugur di babak 8 besar.

Ketua Siwo Maluku Batje Warlauw, Jumat (22/8) mengaku bangga dengan pencapaian yang dilakukan oleh atlet asal Maluku.

“Capaian atlet dari seribu pulau ini, menambah sejarah panjang bagi Maluku dalam mempertahankan medali di pekan olahraga yang diselenggarakan Siwo PWI,” ujar Warlauw.

Untuk diketahui, perolehan medali Porwanas XIV Kalsel sampai dengan jumat (23/8), puncak klasemen dipegang tuan rumah dengan 8 medali emas, 1 perak, 4 perunggu disusul PWI Jawa Barat dengan 3 emas, 3 perak dan 5 perunggu.

Klasemen 3 ditempati PWI NTB dengan 3 emas, 2 perak dan 4 perunggu, Posisi 4 ditempati PWI Lampung, Kalteng, Jateng, Yogjakarta, Kaltim, Jatim, Aceh, Sulteng dan Sulut dengan 1 emas, perebedaan hanya terdapat dalam perolehan medali perak dan perunggu.

Porwanas ini sampai hari Sabtu (24/8) masih mempertandingkan banyak cabor sampai hari Minggu (25/8).(S-07)