AMBON, Siwalimanews – Kesan baik yang ditinggalkan Irjen Lotharia Larif semenjak menjabat sebagai Kapolda Maluku, menjadi tolak ukur yang dipasang banyak pihak agar dilanjutkan oleh kapolda baru Irjen Eddy Sumitro Tambunan.

Permintaan itu juga datang dari para tokoh agama di Maluku yang meminta Irjen Eddy untuk lebih cekatan dalam mengatasi persoalan hukum di Maluku, termasuk dalam menghadapi pilkada yang sudah didepan mata.

Permintaan para tokoh agama ini disampaikan saat Kapolda Irjen Eddy Sumitro Tambunan melakukan lawatan ke tokoh-tokoh agama secara terpisah, Senin (5/8).

Kunjungan pertama kapolda menyambangi Ketua Walubi Welhelmus Jauwerissa. Kunjungan tersebut mendapat sambutan hangat dari pengurus di Kantor Walubi Maluku.

Dalam kunjungan tersebut Ketua Walubi berharap, sinergitas dan silahturahmi dengan Polda Maluku dapat terus terjalin.

Baca Juga: Swalayan City Mart di Kota Namlea Terbakar Habis

“Semoga dengan silaturahmi ini, kedepannya kerjasama dan sinergitas kita dapat terus terjalin dengan baik,” harapnya.

Usai mengunjungi Walubi Maluku, Kapolda dan sejumlah PJU melakukan kunjungan ke Ketua MPH Sinode GPM Pendeta Elifas T Maspaitela, dalam kunjungan itu Ketua Sinode GPM berharap, Polda Maluku dapat lebih berperan aktif lagi dalam menekan potensi konflik yang kapan saja bisa terjadi di wilayah Maluku.

“Polda Maluku dan jajarannya juga diharapkan dapat lebih tegas dan cepat lagi dalam menuntaskan permasalah hukum yang ditangani,” pinta Ketua Sinode.

Sementara itu saat pertemuan dengan Ketua MUI Maluku Ustadz Abdullah Latuapo, Polda Maluku diharapkan dapat mengawal pelaksanaan pilkada serentak agar bisa berlangsung aman dan damai seperti jalannya Pemilu Presiden dan pileg kemarin.

“Polda Maluku dan jajarannya juga diharapkan dapat lebih meningkatkan profesionalisme dan kinerjanya dalam pemeliharaan kamtibmas dan penegakan hukum serta penguatan internal, sehingga Polda Maluku tetap solid dan mendapat kepercayaan serta dicintai mayarakat Maluku,” ucap salah satu pengurus MUI Maluku.

Kapolda dalam setiap kunjungannya ke para tokoh agama, menyampaikan terima kasih atas sambutan hangat yang diberikan serta berharap, pertemuan hari ini menjadi awal yang baik dalam membangun dan meningkatkan kerjasama untuk bersama memelihara kamtibmas yang kondusif.

“Sebagai warga baru saya ingin bersilaturahmi dengan para ketua dan tokoh agama di Maluku. Saya berharap, apabila ada masukan terkait kerjasama dalam memelihara Kamtibmas kiranya dapat disampaikan,” pinta kapolda.(S-10)