AMBON, Siwalimanews – Tiga organisasi masyarakat Katolik Maluku resmi dikukuhkan. Pengukuhan ketiga organisasi ini dihadiri Uskup Diosis Amboina Mgr Seno Ngutra, di lantai V Gedung DPRD Maluku, Senin (20/5).

Ketiga organisasi yang dikukuhkan yakni, Pemuda Katolik (PK), DPD Ikatan Sarjana Katolik (ISKA) dan DPD Paguyuban Wartawan Katolik Indonesia (PWKI). Pelantikan didahului dengan perayaan Ekaristi yang yang dipimpin Uskup Diosis Amboina Mgr Seno Ngutra menjadi selebran utama didampingi Pastor Igo Refo.

“Kita bersyukur walaupun tiga organisasi ini berbeda dalam tujuan dan cita-cita tapi hari ini mereka bersatu serta menjadi titik awal yang paling indah bagi saya,” ungkap Uskup Seno.

Uskup mengungkapkan saat mengawali tahun kedua kegembalaan, dirinya mengumpulkan semua kelompok organisasi kemasyarakatan Katolik dan menyatakan komitmen untuk berjalan bersama-sama dengan semua kelompok ormas maupun kelompok kategorial dalam gereja.

Langkah tersebut dilakukan bertepatan dengan adanya konflik yang sangat besar antara para pengurus Pemuda Katolik, maka keluarlah fatwa jika tidak diselesaikan maka selama 24 tahun kegembalaan kedepan tidak ada pemuda Katolik, maka terbentuklah organisasi kepemudaan di akhir tahun 2023 lalu.

Baca Juga: Lewerissa Resmi Daftar di PPP

Sebagai pimpinan umat katolik di Maluku dirinya selalu memberikan ruang untuk berjalan bersama dalam merawat persatuan.

“Tentunya saya merasa senang dan bangga karena baru 2 tahun menjadi Uskup di Keuskupan Amboina tetapi kelompok ormas maupun kelompok kategorial dalam gereja sungguh-sungguh mulai bergeliat sekarang,” jelasnya.

Ormas-ormas Katolik yang telah terbentuk lanjut Uskup menjadi kekuatan besar bagi gereja bagi bangsa dan negara dalam menembus berbagai persoalan kebangsaan.

“Saya bilang anda harus diisi dengan makanan rohani sehingga ketika kembali ke tengah masyarakat akan menjadi kuat ditengah gelombang tantangan.

Sementara itu, Penjabat Gubernur Maluku Sadli Ie dalam sambutan yang dibacakan Staf Ahli Bidang Kesejahteraan Rakyat dan SDM Setda Maluku, Fibra Bremer mengatakan Pemerintah Provinsi menyambut baik terbentuknya tiga organisasi masyarakat Katolik Maluku.

Terbentuknya organisasi masyarakat kata Bremer diharapkan dapat membantu pemerintah daerah dalam menjaga persatuan ditengah masyarakat guna menunjang pembangunan di daerah ini.

“Pemerintah Provinsi menyambut baik terbentuknya ketiga organisasi masyarakat Katolik di hari ini dan kita berharap ketiga ormas ini dapat mendukung pemerintah dalam mensukseskan pembangunan,” pungkasnya.

Hadir pada kegiatan itu juga Penjabat walikota Ambon Bodewin Wattimena dan juga pengurus tiga organisasi yang dikukuhkan.(S-20)