AMBON, Siwalimanews – Turut terlibat dalam pencarian hingga evakuasi tiga nelayan asal Banda yang hilang di perairan laut Maluku Tengah, personel Satuan Patroli (Satrol) Lantamal IX Ambon, diapresiasi oleh Danlantamal IX Ambon Brigjen (Mar) Said Latuconsina.

Danlantamal dalam rilisnya yang diterima redaksi Siwalimanews, Kamis (13/6) mengaku, keterlibatan prajuritnya bersama Tim SAR gabungan untuk melakukan operasi pencarian korban, yakni Rudi (44), Bambang (31) dan Rusdi (34), disekitar perairan Pulau Run, Kabupaten Maluku Tengah, Rabu (12/6) pagi, merupakan suatu tindakan terpuji yang patut diapresiasi.

“Dengan respon cepat personel bersama Tim SAR, ketiga nelayan yang sebelumnya dilaporkan oleh pihak keluarga hilang kontak, berhasil ditemukan dalam kondisi selamat oleh nelayan Saparua, di perairan Pulau Molana, yang kemudian dievakuasi menuju ke Desa Haria, Pulau Saparua, Maluku Tengah dan mereka langsung dijemput oleh Tim Sea Rider Satrol (Satuan Kapal Patroli) Lantamal IX untuk dibawah ke Tulehu guna mendapat perawatan lanjutan di RS,” ujar Danlantamal.

Dia berharap, sinergitas Tim SAR gabungan dan prajurit Satrol Lantamal IX, selalu terjaga sehingga koordinasi antar satuan, khususnya dalam memberikan pencarian dan pertolongan kepada masyarakat, terus ditingkatkan.

Ia juga meminta, nasyarakat harus cepat dalam melaporkan segala bentuk kejadian di laut, apabila mengalami atau mengetahui peristiwa yang terjadi.

Baca Juga: Jelang HUT Bhayangkara, Polsek Pp Aru Salurkan Bansos

“Masyarakat juga harus lebih berhati-hati dan waspada, mengingat saat ini cuaca ekstrim terjadi. Cek kesiapan dan keamanan sarana transportasi yang digunakan, termasuk kelengkapan keselamatan seperti pelampung, kompas dan lain-lain,” himbau Danlantamal.(S-25)