AMBON, Siwalimanews – 15 anggota  Panwascam se-Kota Ambon yang akan bertugas dalam pilkada serentak di bulan November nanti, dilantik dan diambil sumpahnya oleh Ketua Bawaslu Kota Ambon Jhon Talabessy.

Pelantikan dan pengambilan sumpah berlangsung di salah satu hotel , Sabtu (25/5) dilakukan  berdasarkan SK Bawaslu Kota Ambon Nomor 005/HK.O1.01/K.Ambon/05/2024.

Talabessy saat melantik ke-15 Panwascam itu menegaskan, selaku pimpinan Bawaslu, pihaknya telah menjalankan amanat sesuai ketentuan, yaitu memproses seleksi terhadap 15 anggota Panwascam se-Kota Ambon.

Untuk itu, kepada anggota Panwascam yang telah dilantik, agar dapat menjalankan tugas dengan baik, tetap berdiskusi dalam tugas pengawasannya dan yang terpenting, jika ada hal-hal yang kurang, salah dan terbatas dalam tugas pengawasan sebelumnya, agar dapat diperbaiki dan dihilangkan saat menjalankan tugas yang  baru ini.

“Sebagai pengawas, harus melakukan peningkatan kapasitas diri, perbanyak literasi membaca produk hukum Undang-undang tentang Pemilu/Pilkada, Peraturan Bawaslu terkait pengawasan kepemiluan dan produk hukum lainnya yang bertalian dengan tugas dan fungsi sebagai Pengawas serta selalu berdiskusi dan bertanya ke orang yang berpengalaman dibidang pengawasan agar selaras dengan tugas yang akan dijalankan,” pinta Talabessy.

Baca Juga: Massa Jabatan akan Berakhir 24 Mei, Ini Pesan Wattimena

Hal yang paling penting dan fundamental selaku pengawas kata Talabessy, pengawas harus tetap menjaga integritas dan profesionalisme, tidak terlibat hasutan kelompok atau pihak tertentu yang bisa mempengaruhi integritas diri selaku pengawas, tetap berdiri dan berpijak pada mekanisme serta ketentuan aturan yang berlaku.

“Bangun sinergitas dan kolaborasi dengan Camat, TNI-Polri  dalam hal ini Danramil dan Kapolsek, serta sahabat PPK guna memperlancar tugas. Kolaborasi dengan PPK karena kita adalah satu kesatuan sesuai ketentuan UU Nomor 10 tahun 2016 selaku penyelenggara Pemilu,” kata Talabessy.

Talabessy menambahkan, usai pelantikan ini, seluruh anggota panwascam akan mengikuti pembekalan tentang pengawasan kepemiluan, sehingga diharapkan  lewat pembekalan ini, para pengawas di tingkat kecamatan dapat memahami tugas yang diemban mereka.

Untuk diketahui, ke-15 anggota Panwascam yang dilantik antara lain, untuk Panwas Kecamatan Sirimau terdiri dari, Rahayu Sehwaky, Regi deLima dan Revo Gaspersz. Panwascam Nusaniwe masing-masing, Cunrad Salawane, Fitri Angkotasan, Josias Tiven.

Selanjutnya, Panwascam Baguala masing-masing, Adam Hehanussa, Anastasya Pattiasina dan Rivaldi Renoat, sementara Panwascam Teluk Ambon terdiri dari, Arnold Sampulawa, Felix Luturkey serta Rizky Rumalutur dan yang terakhir untuk Panwsacam Leitimur Selatan ada,  Nicolas Serang, Samuel Kappuw dan Femmy Keiluhu.(S-25)