AMBON, Siwalimanews Logistik surat suara pemilihan kepala daerah akhirnya tiba di Ambon, Jumat (18/10) pagi.

Dengan menggunakan pesawat herkules, ratusan kardus berisikan surat suara pilkada ini tiba melalui Bandara Udara Pattimura dengan pengawalan ketaat personil kepolisian.

“Betul jadi tadi pagi pukul 10.00 WIT logistik tahap dua yakni surat suara sudah tiba di Ambon dengan pengawalan aparat kepolisian dari Jakarta,” ungkap Ketua Divisi SDM dan Parmas KPU Maluku, Wawan Kurniawan Susanto kepada Siwalima, melalui telepon selulernya.

Wawan menjelaskan surat suara yang telah tiba bukan saja untuk pilkada gubernur dan wakil gubernur tetapi juga untuk Pilkada walikota dan bupati.

Hal ini karena pengadaan surat suara untuk Pilkada serentak di Maluku baik provinsi dan kabupaten/kota dilakukan pada satu perusahaan sehingga pengirimannya secara serempak.

Baca Juga: Organisasi Sayap PUAN Mundur, PAN Nilai Itu Biasa

Pasca tiba Ambon, Wawan memastikan akan dilakukan pemilahan sesuai dengan kabupaten dan kota sebelum dikirim ke KPU masing-masing.

“Pengiriman hingga penempatan dalam gudang logistik itu menjadi tanggung jawab perusahaan penyedia termasuk memilah sesuai masing-masing kabupaten/kota,” jelasnya.

Terkait dengan pendistribusian ke kabupaten dan kota, Wawan memastikan berdasarkan hasil koordinasi dengan penyedia maka distribusi akan dilakukan mulai besok, Sabtu (19/10).

“Kalau dari penyedia rencananya besok didistribusikan ke kabupaten/kota,” pungkasnya.

Wawan memastikan seluruh proses kedatangan logistik hingga distribusi akan awasi secara ketat oleh Bawaslu maupun KPU Maluku.(S-20)