AMBON, Siwalimanews – Status siaga bencana di Kota Ambon yang baru saja diumumkan pada pecan kemarin, kini naik menjadi tanggap darurat.

Sekretaris Kota Ambon Agus Ririmasse kepada wartawan di Balai Kota, Senin (8/7) mengaku, naiknya status siaga bencana menjadi tanggap darurat, setelah digelarnya rapat bersama dengan Pemerintah Provinsi Maluku dan pihak BMKG.

“Kita sudah rapat beberapa hari yang lalu di ruang kerja pak walikota. Dalam rapat itu juga kita undang BMKG, Dishub Maluku, Bagian keuangan, Bappeda dan dalam rapat itu pada kesimpulannya kita tingkatan status menjadi tanggap darurat,” jelas sekot.

Naiknya status bencana dari siaga ke tanggap darurat, maka pemkot akan berupaya membantu masyarakat yang menjadi korban bencana.

“Bapak penjabat walikota sudah siapkan proposal ke BNPB RI terkait penanganan bencana. Sebentar tim akan berangkat ke Jakarta untuk sama-sama temui salah satu deputi guna bicarakan tentang penanganan banjir dan tanah longsor,” ucap sekot.

Baca Juga: Karey: Pengurus KNPI Harus Netral di Pilkada

Ririmasse juga mengaku, dirinya telah menyambangi lokasi bencana bebeberapa hari lalu untuk mengetahui dan melihat langsung, apa saja kendala dan masalah yang terjadi, yang kemudian akan ditindaklanjuti.

“Pak penjabat walikota perintahkan saya selaku sekot untuk bersama-sama dengan BPBD tangani kondisi yang ada di lapangan. terutama korban bencana, sehingga penanganan itu sudah kita lakukan. Bahkan saya sendiri turun ke lapangan melihat kondisi banjir, melihat tanah longsor serta jalan yang putus,” jelas sekot.(S-29)