AMBON, Siwalimanews – Mantan anggota DPR RI Hendrik Lewerissa, menyerahkan bantuan sarana prasarana produksi batu bata kepada Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) kelompok Solija di Dusun Onputi, Desa Latuhalat, Kecamatan Nusaniwe, Kota Ambon.

Bantuan berupa gerobak sebanyak 50 unit yang diserahkan diluar agenda kampanye itu, merupakan janji dari pria yang disapa HL semasa masih menjalankan tugas sebagai wakil rakyat di senayan.

“Ini janji beta (saya) masih menjadi anggota DPR RI, dan baru terealisasi sekarang ketika beta tidak lagi menjadi wakil rakyat,” ungkap HL dihadapan kelompok penerima bantuan, Jumat (11/10).

HL yang didmapingi sang istri Maya Baby Rampen saat menyerahkan bantuan itu juga menegaskan, sebagai orang beriman, apa yang telah dijanjikan harus ditepati. Hal ini merupakan komitmen dari kapitan Maluku, sebagai wujud ketulusan, integritas, dan kejujuran kepada masyarakat.

“Sekali janji dan sekali komitmen, maka komitmen itu harus kita lakukan,” ucap HL.

Baca Juga: Lohy: Banyak Kecelakaan Akibat Warga Tabrak Ternak

Ditempat yang sama Suanthie John Laipeny memastikan, pemberian bantuan dilakukan diluar agenda kampanye itu, merupakan permintaan dari UMKM Kelompok Solija yang terkendala dalam produksi batu bata.

Namun,  HL menyetujui untuk menolong dengan mengusahakan bantuan alat produksi batu bata semasa mengemban tugas sebagai wakil rakyat, maupun dalam tahapan pemilihan legislatif kemarin.

“Kenapa dibuat siang, ini bukan kampanye untuk pilgub. Kalau ini namanya kampanye sedangkan gerobaknya hanya dikasi nama HL, kalau masalah Pilgub harus HL-AV. Tetapi ini murni penyerahan bantuan alat produksi batu bata sebagai janji dari beliau semasa perhelatan Pileg. Jadi beliau datang di Desa Latuhalat atas permintaan masyarakat, bahwa mereka terkendala gerobak sebagai alat utama penunjang produksi batu bata,” ucap Laipeny.

Dijelaskan, mekanisme penyaluran bantuan yang berasal dari corporate social responsibility (CSR), tidak langsung didapat begitu saja, tetapi melalui proses tahapan mekanisme cukup panjang, dan hal ini baru terealisasi setelah beliau selesai mengemban tugas sebagai anggota DPR RI.

“Ini kan tidak langsung diproses langsung dapat, banyak proses yang dilalui. Sehingga hari ini baru terpenuhi dalam proses pemberian dan penyerahan bantuan,” ucapnya.

Anggota DPRD Maluku terpilih itu berharap, bantuan yang diterima dapat dipergunakan dengan baik, sehingga produksi batu bata berjalan dengan lancar, dalam upaya peningkatan ekonomi masyarakat.

Sementara itu Evi Tamaela mewakili masyarakat penerima bantuan, mengucapkan terima kasih kepada HL atas cinta dan kepedulian kepada Kelompok UMKM Solija dalam kelancaran usaha.

“Sebagai masyarakat, kita sangat berterima kasih karena dengan gerobak dorong ini untuk kelancaran usaha. Kami akan menggunakan bantuan ini dengan sebaik-baik,” janji Evi.

Ia berharap, kedepan jika Tuhan berkehendak, HL menjadi orang nomor satu di bumi raja-raja ini, maka kiranya dapat melihat masyarakat secara luas, terutama dalam peningkatan kesejahteraan masyarakat.

“Tuhan sayang pak HL jadi gubernur, tetap apa yang katong (kita) inginkan bisa juga dibantu dalam bentuk bantuan lainnya,” tandas Evi. (S-25)