AMBON, Siwalimanews – Sejumlah daerah di Provinsi Maluku memperingati hari lahirnya Pancasila ke-79, Sabtu (1/6).

Peringatan hari lahir Pancasila di Kabupaten Seram Bagian Timur dipusatkan di halaman Kantor Bupati dan bertindak sebagai inspektur upacara Bupati Seram Bagian Timur Mukti Keliobas, bertindak selaku inspektur upcara keliobas membacakan sambutan  Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila Republik Indonesia Yudian Wahyudi.

Sementara di Kabupaten Seram Bagian Barat upacara berlangsung juga di lapangan upacara Kantor Bupati SBB, dan bertindak selaku inspektur upcara, Penjabat Bupati SBB Achmad Jais Elly. Sedangkan di Kabupaten MBD  juga berlangsung di halaman kantor bupati dan bertindak sebegai inpektur upacara Kapolres MBD AKBP Pulung Wietono.

Upacara yang sama juga digelar oleh Pemerintah Kota Ambon yang dipusatkan di lapangan apel Balai Kota dan bertindaks elaku inspektur upcara, Penjabat Walikota Ambon Dominggus Kaya.

Dalam upacara itu, seluruh inspektur upacara membacakan sambutan Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila RI Yudian Wahyudi yang mengatakan, hari ini 1 Juni 2024 bangsa Indonesia memperingati hari lahir Pancasila, dimana hari ketika Bung Karno proklamator kemerdekaan yang juga bapak pendiri bangsa pertama kali memperkenalkan pancasila melalui pidatonya pada tahun 1945, didepan sidang Badan Penyelidik Usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia.

Baca Juga: Infrastruktur Jalan di SBT Rusak, Mahasiswa Teriaki Pempus

“Peringatan hari lahir Pancasila tahun  ini mengambil tema Pancasila Jiwa Pemersatu Bangsa Menuju Indonesia Emas 2045. Tema ini mengandung maksud bahwa, Pancasila menyatukan kita dengan segala perbedaan suku, agama, budaya, dan bahasa dalam menyongsong 100 tahun Indonesia emas yang maju mandiri dan berdaulat,”  jelas Wahyudi.

Ia mengaku, patut disyukuri bahwa Pancasila dan nilai-nilai yang dikandungnya menjadi bintang yang membantu kehidupan bangsa agar sesuai dengan cita-cita pendiri Negara ini. Selain itu, keberadaan Pancasila, merupakan anugerah dari Tuhan Yang Maha Esa untuk bangsa Indonesia.

Pasalnya, didalam Pancasila terkandung nilai -nilai luhur yang menjunjung tinggi nilai-nilai inkustivitas toleransi dan gotong royong. Keberagaman yang ada, adalah berkat yang dirajut dalam identitas nasional Bhineka Tunggal Ika.

“Dalam momentum yang sangat bersejarah ini, saya mengajak komponen bangsa dimanapun berada untuk bahu membahu membumikan nilai-nilai Pancasila kedalam setiap aspek kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara,” ajak Wahyudi.

Untuk itu kata Wahyudi, Pancasila harus senantiasa dijiwai dan dipedomani agar menjadi ideologi yang bekerja yang dirasakan kehadiran dan manfaatnya oleh seluruh tumpah darah Indonesia. Selain regulasi yang berdasarkan pada semangat dan jiwa Pancasila, patut juga perlu keteladanan yang tercermin dan etika integritas dan karakter para pemimpin dan rakyat Indonesia.

Dengan semangat pancasila yang kuat, ia yakin seluruh tantangan yang akan dihadapi bangsa Indonesia akan dapat diatasi, sehingga patut bersyukur dan bangga, bahwa bangsa Indonesia telah terbukti menjadi bangsa yang dewasa dalam demokrasi, berbangsa dan bernegara.

“Kita harus bersyukur dan bangga telah melewati pemilu yang demokratis secara aman dan damai demi tegaknya kedaulatan rakyat konstitusi serta persatuan dan kesatuan bangsa. Untuk itu saya ajak seluruh komponen bangsa untuk bersama-sama bergotong royong merawat anugerah Pancasila melalui peringatan hari lahir Pancasila 1 Juni,” ucap Wahyudi.

Olehs ebab itu, Wahyudi menghimbau agar seluruh masyarakat harus bekerjasama, berkolaborasi, menjaga kerukunan, dan keutuhan sebagai wujud pengamalan nilai-nilai Pancasila.

“Semoga peringatan hari lahir Pancasila ini dapat memompa semangat kita untuk terus mengamalkan Pancasila demi Indonesia yang maju, adil, makmur dan berwibawa dikancah dunia,” harap Wahyudi.(s-27/S-28/S-29)