AMBON, Siwalimanews – Setelah menjumpai warga Latta dan Lateri III, pasangan calon Walikota-Wakil Walikota Ambon nomor urut 1, Agus Ririmasse-Novan Liem menyambangi warga Passo Batu Gong, Kecamatan Baguala, Rabu (9/10) malam.
Dibasis anggota DPRD Maluku dua periode dari partai Hanura, Edison Sarimanella itu, Ririmasse menyampaikan, bahwa dirinya bersama Novan Liem hanya berkeinginan membangun dan majukan Kota Ambon lima tahun kedepan menjadi lebih baik.
Karena itu, Paslon dengan slogan AMAN ini meminta dukungan warga Kota Ambon, terkhusus masyarakat Passo.
Dalam orasi politiknya Ririmasse mengatakan, menjadikan Ambon Maju, Mandiri dan Berkelanjutan menjadi visi paslon AMAN, dengan enam misi, yaitu peningkatan kualitas pendidikan gratis, penyediaan kesehatan gratis, penataan infrastruktur, pemberdayaan UMKM lewat dana bergulir, penataan pasar, Ambon tertib, terang, bersih dan harmonis.
“Katong datang sebagai satu keluarga. Pak. Novan anak Batu Merah, datang ke Pela Passo minta dukungan dari basudara. Sebab tekad katong ingin jadi Walikota dan Wakil Walikota karena katong mau jadi berkah bagi semua masyarakat. Katong bertekad bikin Ambon maju dan melanjutkan apa yang telah pak. Richard Louhenapessy tanamkan,” tegasnya.
Sebagai mantan birokrat yang karier masih panjang 12 tahun baru pensiun, Agus akui, harus ditanggalkan. Jelas sebuah keputusan yang berat. Tapi karena cinta dan mau melihat Ambon maju dan harus ada perubahan, bukan atas dasar ambisi belaka.
“Tidak usah ragu dengan katong dua. Sebab katong ini kolaborasi apik antara birokrat, politisi dan pedagang. Pengalaman di pemerintahan yang bertumbuh dari Lurah, Camat hingga Sekretaris Kota, tentu mudahkan jalan untuk menata birokrasi dan pelayanan publik, demikian pula menata pasar dan perhatian ke UMKM,”ujarnya.
Usai temui masyarakat, Agus-Novan bersama para pimpinan partai pengusung, dari PAN, Demokrat dan Hanura, sowan untuk minta dukungan politik ke Edison Sarimanella, anggota DPRD Maluku.
Pada kesempatan itu, Sarimanella menyambut kedatangan Paslon AMAN. Menurutnya, ini hal luar biasa dan kebanggaan bagi Negeri Passo, khususnya, sebab Passo dalam proses politik merupakan barometer bagi Kota Ambon, karena mungkin miliki jumlah pemilih kedua terbanyak setelah Batu Merah.
“Batu Merah bagian dari kita, saudara pela dan memenangkan Pilkada Kota ada dua negeri besar yang jadi kunci kemenangan pa Agus dan pa Novan yaitu Passo dan Batu Merah. Kalau dua negeri besar ini menang berarti saya yakin pasangan AMAN bisa menangi Pilkada 27 November nanti,” ujar Sarimanella.
Masih kata dia, bahwa Passo merupakan lumbung suara Sarimanella di Pileg 2024 lalu yang mengantarkannya bertahan di Baileo Rakyat Karang Panjang hingga 2029 mendatang. Ketokohannya pun telah teruji. Sebab itu, dirinya bertekad akan bekerja menyumbang kemenangan pada angka 60-70 persen untuk AMAN di Passo.
“Tidak muluk-muluk, AMAN akan menang 60-70 persen di Passo. Kalau memang ini kita main semua di segala lini, segala cara kita mainkan. Sebab kandidat lain juga sudah jalan. Tapi dengan pa Agus dan Novan datang kesini, itu satu ukuran untuk kita di Passo khususnya untuk kawal dan menangkan,” tegasnya.
Sarimanella juga memastikan akan berkomunikasi dan mengerahkan ratusan jaringan simpulnya di pileg lalu untuk solid bekerja bagi paslon AMAN menang di Passo.
“Diluar Passo beta seng berani target. Tapi kalau Passo menang dengan persentase 60-70 persen, ditambah pela Batu Merah sumbang, titik lain di Nusaniwe, Leitimur dan Teluk Ambon, yakin AMAN menangi Pilkada. Tidak mendahului kehendak Tuhan, tapi beta yakin dan percaya dengan kondisi ini, kita menang,” tandasnya.(S-25)