AMBON, Siwalimanews – Anggota DPRD Provinsi Maluku dapil Kota Ambon Edison Sarimanella, minta Pemerintah Kota Ambon untuk tanggap darurat bencana.

Permintaan ini disampaikan Sarimanella merespon kondisi curah hujan di Kota Ambon yang telah menimbulkan bencana longsor dan rusaknya sejumlah infrastruktur pendukung.

Sarimanella menegaskan kondisi curah dengan intensitas tinggi harus menjadi keprihatinan bersama baik Pemerintah Provinsi Maluku dan secara khusus Pemkot Ambon.

“Ini tanggung jawab bersama pemerintah kota dan provinsi, dimana  kondisi cuaca saat ini sangat rawan terjadinya bencana,” ujar Sarimanella kepada Siwalimanews di Baileo Rakyat Karang Panjang, Jumat (5/7).

Dijelaskan, dengan kondisi yang terjadi maka sudah saatnya Pemerintah Kota Ambon melakukan tanggap darurat bencana. Hal ini bertujuan agar ada langkah penanganan yang cepat ketika terjadi bencana, baik longsor, banjir maupun kerusakan infrastruktur jalan dan jembatan.

Baca Juga: Polsek Manipa Sosialisasi Bahaya dan Pencegahan Narkotika

Selain itu, tanggap darurat akan mempermudah pemerintah kota untuk mengusulkan kerusakan infrastruktur kepada pemerintah pusat melalui BNPB.

“Kalau kita melihat kondisi cuaca yang terjadi maka tanggapan darurat wajib dilakukan, jangan sampai lalai masyarakat sudah sulit tapi penanganan yang lamban,” tegasnya.

Sarimanella berharap, pemkot melalui BPBD cepat merespon laporan masyarakat khususnya yang tinggal di lereng gunung dan aliran sungai.(S-20)