AMBON, Siwalimanews – Wakil Ketua Komisi II DPRD Provinsi Maluku Turaya Samal mengaku, selama tujuh tahun menjadi wakil rakyat, tidak ada perubahan signifikan pada program pemerintah provinsi.

Kritikan keras itu disampaikan Samal saat rapat kerja Komisi II bersama sejumlah pimpinan OPD mitra yang berlangsung di ruang komisi, Selasa (25/6).

Samal mengungkapkan, Komisi II telah selesai melakukan pengawasan terhadap program kerja pemprov, khususnya pada OPD terkait seperti Dinas Kelautan dan Perikanan, Pertanian, Kehutanan, Lingkungan Hidup dan ESDM.

“Pengawasan yang kita lakukan guna pastikan anggaran daerah dan pusat benar tepat sasaran dan tepat guna, tapi faktanya banyak yang dikeluhkan masyarakat, artinya program pemprov belum tepat guna serta tepat sasaran, dan selama tujuh tahun saya menjadi anggota DPRD tidak ada satu pun perubahan,” ungkap Samal.

Padahal kata Samal, berulang kali selama menjadi anggota DPRD, dirinya vokal mengingatkan OPD mitra untuk mengutamakan program yang bersentuhan langsung dengan masyarakat.

Baca Juga: Minyak Tanah Sulit Didapat, Lewerissa Minta Pemda Jangan Cuci Tangan

Namun, sayang terdapat banyak sekali perbedaan program yang telah disepakati antara DPRD dan pemerintah provinsi.

“Ingat yah kita akan dimintakan pertanggungjawabannya atas apa yang kita lakukan, ada program yang kita setujui lain tapi hasil di lapangan tidak sesuai,” kesalnya.

Samal juga mengingatkan, pimpinan OPD mitra agar tidak mengamankan kepentingan tertentu dan menutup mata dengan kepentingan masyarakat.

Politisi PKS Maluku ini berharap, kedepan OPD mitra Komisi II dapat memperbaiki semua kesalahan, sehingga ada perubahan dalam setiap program kerja yang berorientasi pada kepentingan masyarakat. (S-20)