PENJABAT Bupati Malteng, Rakib Sahubawa menyebutkan momentum peringatan Kemerdekaan RI yang dilakukan setiap tahun, bukan sekedar hanya memperingati hari bangsa Indonesia meraih kemerdekaan namun lebih dari itu sebagai momentum refleksi untuk mengingat kembali perjuangan para pahlawan untuk membebaskan seluruh bangsa Indonesia dari jerat penjajah.

“HUT Kemerdekaan ini bukan hanya sekadar peringatan, namun juga momen refleksi bagi kita semua, untuk mengingat kembali perjuangan para pahlawan yang telah mengorbankan jiwa dan raga demi kemerdekaan bangsa kita,” kata Sahubawa, dalam acara syukuran HUT RI yang digelar Pemkab  Malteng di Baileo Soekarno Masohi, Sabtu, (17/8) malam.

Dikatakan, kemerdekaan yang dinikmati hari ini adalah hasil dari kerja keras, semangat, dan pengorbanan para pahlawan. Olehnya, menjadi tanggung jawab semua pihak untuk menjaga dan mengisi kemerdekaan ini dengan sebaik-baiknya.

Kata Sahubawa, perjalanan 79 tahun kemerdekaan bukan waktu yang singkat. Bebagai tantangan tentu telah dilalui bangsa Indonesia. Berbagai tantangan itu mampu dilewati segenap bangsa Indonesia Indonesia, karena semangat gotong royong dan persatuan dan kesatuan seluruh bangsa.

Baca Juga: Pemda MBD Gelar Upacara HUT Kemerdekaan RI ke- 79

“Dalam perjalanan 79 tahun kemerdekaan Indonesia, kita telah menghadapi berbagai tantangan, baik di bidang politik, ekonomi, sosial, maupun bu­-daya. Namun, dengan semangat gotong royong dan persatuan, kita mampu melewati setiap rintangan yang ada. Kedepan, tantangan yang kita hadapi mu­-ngkin akan semakin kompleks, terutama dengan perkembangan teknologi, perubahan iklim, dan dinamika global yang cepat. Kita perlu terus memperkuat kebersamaan dan persatuan di antara kita,” bebernya.

Ketua Korps Alunmi HMI Maluku Tengah ini menyerukan agar semangat kemerdekaan dapat terus memotivasi seluruh anak bangsa di Malteng untuk  terus berkarya bangsa daerah dan bangsa. “Mari kita jadikan semangat kemerdekaan ini sebagai pendorong untuk terus bekerja keras, berkarya, dan berinovasi demi kemajuan bangsa dan daerah kita tercinta. Setiap langkah yang kita ambil hari ini, adalah upaya untuk mewujudkan Indonesia yang lebih baik, lebih maju, dan lebih sejahtera di masa depan,”  pintanya.

Sahubawa juga mengajak semua pihak untuk meningkatkan rasa syukur dengan tindakan nyata, melalui kontribusi positif terhadap pembangunan di daerah ini. Mari bergandengan tangan, bersinergi, dan bekerja sama demi kesejahteraan masyarakat Kabupaten Maluku Tengah dan kemajuan Indonesia. (S-17)