PENJABAT Bupati Malteng Rakib Sahubawa mengharapkan sinergitas Gereja Protestan Maluku (GPM) dengan Pemeintah Kabu­paten tertua di Maluku itu,agar terus dibangun dari waktu ke waktu.

Harapan ini disampaikan Bupati dalam sambutannya yang dibacakan Pj Sekertaris Daerah Malteng, Jauhari Tuarita saat menghadiri acara syukuran HUT GPM ke-89 di lingkungan Klasis GPM Masohi yang di gelar di Jemaat Waitetes, Jumat (6/10).

“Atas nama pribadi dan Pemerintah Daerah Kabupaten Maluku Tengah, saya mengucapkan selamat merayakan HUT Ke-89 Gereja Protestan Maluku Tahun 2024. Semoga GPM semakin maju dan terus berkiprah sebagai Gereja Orang Basudara di Maluku-Maluku Utara,” tandas Sahubawa.

Menurutnya, Pemerintah Daerah sangat mengapresiasi eksistensi GPM dalam kiprahnya hingga di usia ke-89. Sebab telah banyak memberikan kontribusi nyata dalam mendukung pembangunan daerah dan meningkatkan kualitas iman kristiani umat, khususnya di Maluku Tengah melalui program-program pelayanan.

“GPM juga telah banyak melakukan berbagai terobosan untuk mem­perkuat ketahanan ekonomi umat dan tentu juga masyarakat demi mempercepat kesejahteraan bersama, menjaga tatanan toleransi antar umat beragama, bahkan mempersiapkan umat untuk menghadapi era transformasi digital yang bergerak begitu cepat,” urainya.

Baca Juga: Rovik Minta Masalah Mandala Karpan Diselesaikan secara Humanis

Tema sentral perayaan HUT ke-89 tahun menunjukkan eksistensi Gereja untuk terus melayani.

“Bertumbuh dalam damai sejahtera, sebagai Keluarga Allah. Tentu tema ini dapat dimaknai sebagai wujud komitmen GPM untum terus berbenah untuk memantapkan medan gumul pelayannya.maka, diharapkan agar GPM terus konsisten menempatkan keluarga sebagai basis pembinaan. Tantangan ini membutuhkan kolaborasi dan kerjasama kita semua untuk memperkuat ketahanan keluarga, jika keluarga kuat, maka Gereja kuat, masyarakat kuat, dan pada gilirannya bangsa juga menjadi kuat,” jelasnya.

Dikatakan, banyak persoalan yang dihadapi Pemerintah Kabupaten Maluku Tengah dan tidak bisa menyelesaikannya sendiri, sehingga dibutuhkan dukungan dari seluruh elemen masyarakat di daerah ini, termasuk Gereja Protestan Maluku.

“Selaku pimpinan daerah ini, saya mengajak kita semua untuk terus bergandeng tangan, bahu membahu memajukan daerah ini. Bersama GPM, kami optimis bahwa tidak ada persoalan yang tidak dapat diselesaikan, asalkan kita benar-benar berkarya dengan sungguh-sungguh dan menaruh pengharapan kepada Tuhan,” katanya.

Bupati berharap, agar GPM terus mendoakan dan menopang proses demokrasi yang sedang berlang­sung di daerah dan bangsa ini agar semua proses Pilkada Gubernur dan Bupati/Walikota di Maluku khususnya di Maluku Tengah dapat berjalan dengan damai dan sukses,” tukasnya. (S-17)