BULA, Siwalimanews – Wakil Bupati Seram Bagian Timur Idris Rumalutur mengajak masyarakat di kabupaten itu untuk bersatu, guna mensukseskan pilkada serentak yang akan berlangsung di bulan Novemver nanti.

Jika seluruh masyarakat bersatu sukseskan pesta demokrasi ini, maka pilkada dapat berlangsung dengan aman, damai serta sukses, sehingga menghasilkan para pemimpin daerah yang amanah, berintegritas serta mampu membawa SBT menuju kearah yang lebih baik lagi.

“Untuk itu saya ajak mari kita bersatu padu sukseskan pilkada. Mari kita jadikan proses ini sebagai perayaan demokrasi yang tidak hanya berarti memilih pemimpin, tetapi juga mengukuhkan komitmen kita pada nilai-nilai kebersamaan dan persatuan,” ajak Rumalutur saat peluncuran tahapan Pilbup SBT yang selenggarakan KPU di lapangan Pancasila, Rabu, (19/6) malam.

Peluncuran tahapan pilbup ini kata Rumalutur, menandai dimulainya proses demokrasi yang penting bagi daerah ini. Pilkada adalah kesempatan bagi masyarakat untuk menyenentukan pemimpin yang akan membawa daerah ini ke arah yang lebih baik.

“Saya mengapresiasi kerja keras dari KPU SBT yang telah persiapkan tahapan pilkada dengan sebaik-baiknya untuk turut serta berpartisipasi aktif dalam setiap tahapan pilkada ini,” ujarnya

Baca Juga: Pemkab SBT Komitmen Wujudkan Percepatan Reformasi Agraria

Partisipasi masyarakat menurut Rumalutur, adalah kunci suksesnya pelaksanaan pilkada yang demokratis, jujur dan adil. Selain itu, harus bekerja berdasarkan peraturan perundang- undangan yang berkaitan dengan penyelenggaraan pilkada dan juga bekerja dengan pedoman dan berpegang teguh pada kode etik penyelenggara pemilu.

“Kita semua memiliki tanggung jawab untuk menjaga suasana yang kondusif selama proses pilkada berlangsung. Perbedaan pilihan adalah hal yang wajar dalam demokrasi, namun kita harus selalu mengedepankan persatuan dan kesatuan,” jelasnya.

Sebelumnya, Ketua KPU SBT Syahrifudin Faud dalam sambutannya mengatakan, peluncuran ini merupakan penanda, bahwa tahapan pilkada di Kabupaten SBT tahun ini mulai diselenggarakan.

“Saya berharap, peluncuran tahapan pilkada ini, mampu menjadi sarana penyampaian informasi kepada masyarakat dalam mensukseskan pesta demokrasi di bulan November nanti,” ujarnya.

Fuad mengaku, Kabupaten SBT masuk dalam daerah yang memiliki tingkat partisipasi tertinggi dibandingkan kabupaten/kota lainnya di Maluku. Tingkat partisipasi pemilih di SBT mencapai 80 persen, dan itu artinya, masyarakat didaerah ini memiliki tingkat kesadaran politik yang cukup baik.

“KPU SBT dianggap berhasil dalam pelaksanaan program kerja dengan tujuan untuk meningkatkan partisipasi masyarakat, baik dalam pemelu maupun pilkada, sehingga dapat disimpulkan bahwa masyarakat di daerah ini memiliki tingkat kesadaran politik yang sangat baik atau bisa dikatakan terbaik,” tandasnya.

Ia berharap, tahapan peluncuran Pilkada SBT ini, selain menanda dimulainya penyelenggaraan pilkada, juga sebagai sarana hiburan, sekaligus sebagai sarana penyalur kredibilitas anak daerah.(S-27)