ROMBONGAN Jemaah Haji Kabupaten Seram Bagian Timur sebanyak 90 orang disambut dengan penuh bahagia dan air mata  tiba di Bandara Udara Kufar, Kecamatan Tutuk Tolo mengunakan pesawat pesawat Trigana Air.

Kedatangan rombongan Jamaah Haji  sebanyak 90 orang disambut oleh Sekertaris Daerah SBT Mirna­wati Derlean, Anggota DPRD, pim­pinan Forkompinda, OPD, TNI/Polri, tokoh agama, tokoh adat dan tamu undangan dan keluarga Jemaah Haji.

Tiba pukul 10.45 Wit, telah tiba rombongan Jamaah Haji kloter pertama sebanyak 45 orang yang terdiri dari 13 jemaah laki-laki dan  32 jemaah perempuan. Sementara pukul 13.09 Wit, telah tiba rombongan Jamaah Haji kloter ke dua sebanyak 45 Orang yang terdiri dari 21 jemaah laki- laki dan 24 jemaah perempuan.

Laporan Ketua rombongan Jemaah Haji SBT Moksen Mahu mengucapkan,  alhamdulilah, puji dan syukur kepada Allah SWT atas ijin Allah dapat menunaikan  ibadah Haji dari awal keberangkatan sampai dengan saat ini kita kembali ke Kabu­paten Seram Bagian Timur.

“Dalam menjalankan Ibadah Haji tahun 2024 ini, kami berangkat dengan kuota Jemaah haji 90 orang kemudian semua kembali dalam keadaan selamat,” jelasnya.

Baca Juga: Anggaran Terbatas, DPRD Fokus Bahas Dua Ranperda

Sementara Kepala Kemenag  SBT M Jen Tepinalan saat menyampaikan sambutan mengungkapkan, hari ini kita melihat wajah-wajah berseri dari para Haji dan Haja yang telah me­nyelesaikan Ibadah haji, hendaknya bersyukur kepada Allah SWT ka­rena tidak mendapat hambatan berarti selama melaksanakan ibadah rukun Islam kelima  ini di tanah suci Mekkah Al-Mukarramah dan Madinah Al- Al Munawarah.

“Kami berharap warna putih yang sekarang sudah digunakan, harus dipertahankan agar tetap putih dan tidak ternodai, dan berbagai amalan yang dijalankan di tanah suci agar terus dilakukan di tanah Ita Wotu Nusa, bahkan harus ditularkan kepada keluarga dan lingkungan terdekat,” harapnya.

Kemakmuran Ibadah haji kata Tepinalan, yang diperoleh dapat dimanifestasikan dalam tingkah laku di kehidupan sehari- hari sehingga keberadaan Haji dan Haja dapat memberikan pengaruh positif serta menjadi tauladan ditengah kehidu­pan masyarakat.

Bupati SBT Mukti Keliobas dalam sambutannya yang dibacakan Sekertaris Daerah Mirnawati Derlean sekaligus menyerahkan secara resmi rombongan jemaah haji kepada keluarga mengatakan, atas nama pribadi dan Pemkab SBT kami ucapkan selamat datang kembali di tanah Ita Wotu Nusa bagi para Dhuyufurrahman semoga semua dalam keadaan sehat walafiat dan Insya Allah menjadi Haji yang Mabrur.

Dikatakan, pada kesempatan ini kami juga ingin menyampaikan terimakasih sebesar-besarnya kepa­da panitia dan seluruh yang terlibat dalam urusan haji. Karena telah memberikan pelayanan terbaik kepada seluruh jemaah yang terga­bung dalam kloter 30 asal Kabupaten Seram Bagian Timur ini.

“Kepada bapak/ibu jemaah haji yang merasa lelah, letih atau kurang sehat, segera komunikasikan de­ngan tenaga medis untuk dilakukan penanganan karena siang ini juga bapak ibu jemaah haji akan melaksanakan perjalan pulang ke kampung halaman masing- masing dengan ditemani para keluarga yang pada saat ini telah menanti bapak ibu sekalian. Semoga ibadah haji bapak ibu menjadi berkah bagi keluarga dan membawa kedamaian dalam setiap aspek kehidupan,” ungkapnya. (S-27)