AMBON, Siwalimanews – Bakal calon Walikota Ambon, Agus Ririmase mengunjungi kampung halaman Negeri Haruku-Samet guna meminta restu maju pilwalkot.

Kedatangan Ririmase bersama istri di Negeri Haruku-Samet disambut ratusan masyarakat kedua Negeri dan di hentar menuju rumah keluarga Ririmase sertakan dilanjutkan dengan ibadah di Gedung gereja Ebenhaezer, Minggu (25/8).

Dihadapan ratusan umat Jemaat Haruku -Samet Ririmase mengutarakan maksud dirinya bersama keluarga pulang kampung yakni guna meminta restu untuk maju dalam pilwalkot.

“Saya datang ke negeri ini untuk meminta doa restu dari seluruh lapisan masyarakat dan leluhur serta meminta didoakan seluruh proses perjuangan sebagai salah satu calon walikota Ambon periode 2024-2029,” ujar Ririmase.

Diakuinya, sebagai anak cucu Negeri Haruku-Samet dirinya tidak dapat melangkah sendirian tetapi membutuhkan topang doa dari semua pihak, walaupun Haruku-Samet masuk dalam wilayah Kabupaten Maluku Tengah.

Baca Juga: Rekomendasi PDIP ke Oersipuny-Saleh

Tetapi Haruku-Samet merupakan embrio sehingga sebagai anak adat yang tahu adat istiadat wajib pulang dan meminta restu dari seluruh orang tatua dan leluhur.

“Tanggal 29 Agustus mendatang saya akan mendaftar diri sebagai calon walikota berpasangan dengan Mohammad Novan Liem anak asli Batu Merah maka sebelum saya melangkah harus pulang ke Haruku-Samet. Saya bersyukur diantar langsung persekutuan warga Haruku-Samet,” jelasnya.

Ririmase mengatakan dirinya bersama calon wakil diusung tiga partai politik yakni Demokrat, PAN dan Hanura dengan total kursi sebanyak tujuh kursi artinya telah memenuhi syarat pencalonan yang ditetapkan KPU Kota Ambon.

“Tujuan saya maju colon walikota untuk membangun Ambon dengan hati dan menjadi berkat bagi banyak orang. Tidak terbesit dalam pikiran dan hati maju pilwakot untuk mencari kekayaan sebab Tuhan telah memberikan semua, tapi disisa usia ini saya ingin jadi berkat bagi banyak orang,” tegasnya.

Ririmase pun meminta seluruh masyarakat Haruku-Samet di Kota Ambon untuk bersama-sama dirinya mendaftar di KPU kota Ambon pada 29 Agustus mendatang.

Sementara itu, Raja Negeri Haruku Yapi Ferdinandus mengatakan raja dan seluruh masyarakat Haruku mendukung penuh majunya Agus Ririmase dalam pilkada serentak 27 November mendatang.

“Tentu harapan sebagai pemimpin negeri ini agar semua proses pencalonan anak negeri Agus Ririmase dapat berjalan dengan lancar dan kemenangan dapat dicapai sebab sebagai Raja dan masyarakat kami tetap mendukung semua yang dilakukan pak Agus Ririmase,” tegasnya.

Ditempat yang sama, Raja Negeri Samet Stevi Riupassa dirinya mendukung penuh pencalonan Agus Ririmase dalam pilkada Kota Ambon.

“Sebagai pimpinan negeri kami meminta dukungan dan topangan tangan dari seluruh masyarakat Haruku-Samet yang berdomisili di kota Ambon untuk satu komitmen mendukung Agus Ririmase dalam pilwakot Ambon,” terangnya. (S-20)