AMBON, Siwalimanews – Polda Maluku pada Hari Raya Idhul Adha 1445 Hiriyah, menyalurkan 38 ekor hewan kurban. puluhan hewan kurban yang terdiri dari, 32 ekor sapi dan 6 ekor kambing ini, merupakan sumbangan dari Kapolda Maluku Irjen Lotharia Latif serta dari para pejabat utama di Polda Maluku.

Plt Kabid Humas Polda Maluku AKBP Aries Aminnullah dalam rilisnya yang diterima redaksi Siwalimanews, Selasa (18/6) mengaku,  Kapolda Maluku saat penyerahan dan penyembelihan hewan qurban di pelataran Masjid At-Taqwa  usai sholat Idhul Adha, menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang sudah ikut berkontribusi, dan menitipkan kegiatan kurban di Masjid At Taqwa Polda Maluku.

“Selamat berkurban, dan semoga amal dan ibadah kurban kita sekalian di terima Allah SWT dan menjadi berkah untuk sesama yang membutuhkannya. Saya berharap agar hewan kurban yang disembelih, dagingnya dapat disalurkan sesuai syariat Islam kepada para kaum duafa, anak yatim, dan orang-orang yang berhak untuk menerimanya, sehingga di hari yang baik, semua merasakan kebahagiaan dalam merayakan Hari Raya Idul Adha 1445 H ,” tulis Kabid Humas dalam rilis tersebut.

Penyerahan hewan kurban itu kata Kabid, dilakukan kapolda , setelah sholat Idul Adha kepada panitia kurban untuk disembelih dan dilanjutkan dengan penyembelihan ke 12 ekor sapi dan kambing lainnya.

” Yang didistribusikan ke-17  Masjid, 2 Yayasan dan 2 pesantren  adalah 19 ekor sapi dan 2 ekor kambing. Kemudian yang disembelih di Masjid At-Taqwa Polda Maluku 13 ekor sapi dan 4 Kambing, Jadi total ada 38 hewan kurban,” jelas Kabid dalam rilis tersebut.

Baca Juga: PT BKP-BTR Rayakan Idul Adha Bersama Masyarakat

sebelumnya, Kapolda Maluku Irjen Lotharia Latif melaksanakan sholat Idul Adha 1445 Hijriyah bersama anggota dan masyarakat di Masjid At Taqwa Polda Maluku, Senin (17/6).

Saat melaksanakan sholat, kapolda didampingi sejumlah pejabat utama dan keluarga besar anggota  Polda Maluku yang beragama Islam serta masyarakat sekitar. Bertindak sebagai Khotib Ustad Husein Asiz Arbi. Sementara yang menjadi Imam sholat, Imam Masjid At,Taqwa Polda Maluku Zinudin Wakan.

Ustadz Husein Asiz Arbi dalam khotbahnya saat pelaksanaan sholat tersebut, mengajak seluruh jamaah agar dapat mengikuti keteladanan Nabi Ibrahim AS dan Nabi Ismail AS. Nabi Ibrahim dan Ismail sangat taat kepada perintah Allah SWT, mesti harus menyembelih anaknya, Nabi Ismail. Karena ketaatan Nabi Ibrahim dan Ismail, Allah SWT, kemudian mengganti penyembelihan dengan seekor kambing.

“Apa yang dicontohkan Nabi Ibrahim dan Nabi Ismail agar dapat diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari sebagai seorang Muslim yang taat kepada perintah Allah SWT,” tulis Kabid Humas mengikuti khotbah Ustad Arbi.(S-10)