AMBON, Siwalimanews – Basarnas Ambon menggelar pelatihan teknis potensi SAR teknik pertolongan di permukaan air.

Pelatihan yang diikuti potensi SAR di wilayah Kota Ambon ini dipusatkan di aula Balai Pelatihan dan Penyuluhan Perikanan (BPPP) Ambon, yang dibuka oleh Kepala KPP Ambon Muhamad Arafah, Senin (30/9).

Arafah pada kesmepatan itu menjelaskan, Provinsi Maluku dengan wilayah laut yang luas dan karakteristik geografisnya sehingga memiliki potensi risiko bencana dan situasi darurat yang cukup tinggi, terutama di kawasan perairan.

“Karakteristik Maluku yang merupakan wilayah kepulauan memiliki potensi bencana yang tinggi di kawasan perairan, oleh karena itu, penting bagi kita semua senantiasa meningkatkan kesiapan dalam upaya pertolongan dan penyelamatan di permukaan air,” ujar Arafah.

Menurutnya, peran serta potensi SAR sangat krusial dalam mendukung operasi SAR yang cepat, tepat, aman, dan terkoordinasi. Kemampuan individu dan tim dalam menghadapi berbagai kondisi di perairan, baik ombak besar, arus kuat, maupun situasi yang tidak terduga lainnya sangat menentukan keberhasilan dalam penyelamatan korban.

Baca Juga: Ini Agenda Presiden Saat Berkunjung ke Maluku

Untuk diketahui, pelatihan teknis potensi SAR Water Rescue ini di ikuti oleh 50 orang peserta dari unsur TNI, Polri, organisasi mahasiswa, serta dinas terkait. Pelatihan Teknis Potensi SAR ini berlangsung 30 September hingga 05 Oktober.

Turut hadir dalam acara pembukaan, Pamenahli Kodam XV Pattimura, Danyonmarhan, Danlanud Pattimura, Direktur Kasubdit Patroli Ditpolairud Polda Maluku, Kabagum Bakamla Zona Maritim Timur dan Wadanyon Brimob Polda Maluku.(S-10)