TIAKUR, Siwalimanews – Ratusan anak mendapatkan vaksin polio saat pencanangan Pekan imunisasi Nasional oleh Pemerintah Kabupaten Maluku Barat Daya, Selasa (23/7).

PIN polio diikuti oleh 134 anak yang terdiri dari Taman kanak-Kanak Kalwedo sebanyak 85 siswa dan Taman kanak-kanak Pembina sebanyak 49 siswa, sedangkan untuk setiap kecamatan akan dilaksanakan setelah distribusi vaksin Polio tiba.

Bupati, Benyamin Thomas Noach dalam sambutan menyatakan penyebaran virus Polio yang telah terjadi di daerah Aceh dan pulau Jawa sejak akhir tahun 2022 dan  Pemerintah Pusat mengambil langkah untuk diadakan vaksin khusus untuk Polio untuk mencegah adanya Kejadian Luar Biasa.

“PIN ini untuk anak-anak usia dari 0 sampai 7 tahun. Untuk itu para Camat agar berkoordinasi dengan setiap kades untuk memastikan semua anak usia 0-7 tahun yang ada di MBD ini mendapat menerima vaksin Polio,” ungkap Noach.

Ia pun berharap Dinas Keseha­tan, Tim Penggerak PKK MBD juga organisasi kemasyarakatan maupun perempuan untuk terus menggalakan imunisasi Polio. Juga untuk camat dapat menggerakan kades dalam memberikan penyadaran kepada masyarakat agar semua anak mendapat imunisasi polio.

Baca Juga: Kendala Anggaran, Pembangunan Terminal Bula Terhambat

Di tempat yang sama, Kabid Pemberantasan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan Philipus Laimeheriwa dalam laporannya menyampaikan tujuan dari pelaksanaan PIN Polio untuk mencegah terjadinya kesakitan, kecacatan, bahkan kematian pada anak-anak di MBD. “Kegiatan tersebut diikuti oleh 134 anak, yang terdiri dari TK Kalwedo sebanyak 85 siswa dan TK Pembina sebanyak 49 siswa, sedangkan untuk setiap Kecama­tan akan dilaksanakan setelah distribusi vaksin Polio tiba,” jelasnya.

Turut hadir dalam kegiatan itu Ketua Tim Penggerak PKK Ny. Rely Noach, Wakil Bupati, Agus­-tinus Kilikily bersama ibu Johana Helena Kilikily, Dandim 15/11 Pulau Moa, Letkol Inf. Galih Perkasa bersama ibu Tina Galih Perkasa, mewakili Kapolres MBD, mewakili Kajari Tiakur, para asisten bupati, staf ahli, pimpinan OPD, camat. (S-09)