BULA, Siwalimanews – Pengurus Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Seram Bagian Timur menggelar rapat kerja dan diskusi publik, Kamis (13/6).

Raker ini sendiri merupakan agenda pertama pasca pengurus PWI SBT dilantik sejak tahun lalu. Rapat Kerja yang dilaksanakan disalah satu hotel di Kota Bula itu mengusung tema Konsolidasi dan Penguatan Insan Pers dalam Menghadapi Pilkada 2024.

Bupati SBT Abdul Mukti Keliobas dalam sambutan yang dibacakan Asisten Bidang Ekonomi dan Pembangunan Setda SBT Ramli Sibualamo itu mengaku dalam menghadapi Pilkada nanti pers dituntut  dituntut memiliki profesional dengan menjunjung tinggi kode etik jurnalistik.

Sebagai pilar ke empat demokrasi, katanya pers di SBT harus ikut terlibat dalam menyukseskan pilkada dengan  pemberitaan-pemberitaan yang mengedukasi publik.

“Khususnya PWI SBT, saya berharap kepada para wartawan agar dapat memberikan informasi yang benar kepada masyarakat. Hindari pemberitaan yang dapat menimbulkan kesalahpahaman dalam membacanya dan dapat menimbulkan perpecahan,” ujar bupati

Baca Juga: Terlibat Evakuasi 3 Nelayan yang Hilang di Malteng, Prajurit TNI AL Diapresiasi

Menurutnya, sebagai mitra, Pemkab SBT  menerima masukan, kritikan dan saran, yang sifatnya untuk membangun daerah ini agar lebih baik lagi kedepannya.

Sebelumnya, Ketua PWI SBT Muhammad Yasin Kelderak mengaku sebagaimana lazimnya setiap organisasi dalam awal kepengurusan tentunya akan menyusul program-program kerja di awal pengurusan.

Salah satu agenda yang akan dilaksanakan adalah uji kompetensi, jadi wartawan yang ada di lapangan itu kemudian wajib untuk mengikuti ujian kompetensi wartawan. Sebab jika tidak maka tentu sangat memberi pengaruh terhadap kerja jurnalis,” jelasnya.

Diskusi publik juga lanjutnya menghadirkan narasumber yang kompeten dan ini cukup selektif, dalam diskusi yang nanti.

“Kami harapkan agar kehadiran kita semua sumbangsih pikir besar, akan menghadirkan pemimpin SBT 5 tahun kedepan,” tutupnya.(S-27)