TIAKUR, Siwalimanews – Pemerintah Kabupaten Maluku Barat Daya, melalui Dinas Perikanan memberikan bantuan sarana penangkapan ikan berupa mesin tempel 9,8 PK kepada 30 kelompok nelayan di kabupaten tersebut.

Penyerahan bantuan diberikan langsung oleh Bupati MBD Benjamin Thomas Noach didampingi Wakil Bupati Agustinus Lekwarday Kilikiky di depan stan Dinas Perikanan di Lapangan Kalwedo, Selasa (23/7) malam.

Diketahui, bantuan ini diberikan kepada 30 kelompok nelayan di enam kecamatan di Kabupaten MBD, diantaranya Kecamatan Moa, Kecamatan Kisar Selatan, Kecamatan Kisar Utara, Kecamatan Dawelor Dawera, Kecamatan Romang dan Kecamatan Marsela.

Bupati pada kesempatan itu mengatakan, Pemkab MBD terus memberikan bantuan di sektor perikanan, dikarenakan potensi kelautan di daerah tersebut cukup besar.

“Ikan kita banyak, sehingga kita membutuhkan alat tangkap agar bisa mengambil ikan itu. Mudah – mudahan dengan bantuan ini dapat dimanfaatkan sebaiknya. Pakailah bantuan ini dengan baik, demi kesejahteraan kelompok nelayan,” harap bupati.

Baca Juga: Puluhan PPPK Unpatti Diambil Sumpah

Ditempat yang sama, Kepala Dinas Perikanan MBD Herdi Ubro menambahkan, bantuan yang diberikan ini bertujuan untuk meningkatkan kesejahteran hidup nelayan, meningkatkan produksi hasil perikanan, dan mendukung sarana dan prasarana sentra kelautan dan perikanan di Pelabuhan Perikanan Tiakur dan pasar ikan Snyioli Leta.

Selain itu, pemberian bantuan berupa mesin tempel ini merupakan upaya yang dilakukan pemkab untuk meningkatkan produktivitas dan peningkatan taraf hidup nelayan, demi terwujudnya kemakmuran dan kesejahteraan nelayan.

Pasalnya nelayan mempunyai peranan dan strategi dalam meningkatkan kesempatan kerja, pemerataan peningkatan pendapatan dengan tetap memelihara lingkungan kelestarian dan ketersedian sumber daya ikan.

“Pemberian bantuan sarana mesin tempel diberikan untuk mewujudkan visi dan misi pemkab untuk membangun MBD pada sektor kelautan dan perikanan yang terintegrasi dari uluh ke hilir guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat, lebih khusus pelaku usaha di bidang perikanan,” ujarnya.

Pemberian bantuan mesin tempel yang diberikan saat ini tambah Ubro, merupakan bentuk kerja sama Pemkab MBD dengan Badan Perbatasan Nasional Republik Indonesia yang diberikan melalui Dinas Perikanan untuk disalurkan kepada nelayan di Kabupaten MBD.(S-28)