PIRU, Siwalimanews – Guna melindungi generasi muda di Kecamatan kepulauan Manipa dan Kabupaten Seram Bagian Barat secara umum, maka Polsek Manipa melaksanakan sosialisasi tentang pencegahan dan bahaya narkotika, Selasa (2/7).

Kapolsek Manipa Ipda Edwin Richardo Mangare saat membuka kegiatan itu menegaskan, narkotika merupakan perusak masa depan generasi muda, dan seluruh sendi kehidupan masyarakat. Untuk itu diminta masyarakat di wilayah Manipa, khususnya Desa Tuniwara dan sekitarnya untuk melindungi diri terutama generasi dari ancaman peredaran narkotika.

Pasalnya, peredaran narkotik dan dampaknya saat ini sudah sangat meresahkan, sebab narkotika sangat mudah didapatkan, bahkan penggunanya kini semakin meningkat.

“Bahan berbahaya ini tidak kenal jenis kelamin dan usia, semua orang berisiko mengalami kecanduan jika sudah mencicipi zat berbahaya ini,” ucap kapolsek.

Maraknya peredaran narkotika kata kapolsek dapat membahayakan keberlangsungan hidup bangsa ini di kemudian hari, karena pemuda yang diharapkan menjadi penerus bangsa semakin hari semakin rapuh digerogoti zat-zat adiktif penghancur syaraf.

Baca Juga: Alkatiri Akui Intensif Komunikasi dengan Rumarei

“Dampak langsung penyalahgunaan narkoba terhadap tubuh manusia berupa gangguan pada jantung yang mengakibatkan infeksi akut otot jantung dan gangguan peredaran darah, dehidrasi yang membuat tubuh mengalami kejang-kejang, halusinasi, perilaku agresif dan rasa sesak bagian dada, hemoprosik, pernapasan tidak akan bekerja dengan baik dan akan lebih mudah merasakan lelah, hilang ingatan, lalu dapat terinfeksi penyakit menular berbahaya seperti HIV/AIDS, hepatitis, TBC dan lainnya,” urai kapolsek.

Kades Tuniwara Nurdin Ruamuly berharap, kegiatan ini menunjukkan komitmen yang kuat dalam memerangi penyebaran narkoba dan upaya mencegah pengaruh negatif yang dapat merusak generasi muda di wilayah Pulau Manipa, khususnya di desa-desa sampai ke dusun.

Dengan komitmen bersama dan partisipasi aktif masyarakat, diharapkan dapat tetap menjadi tempat yang aman dan nyaman bebas dari narkoba dan TBC bagi seluruh warga Manipa khususnya Desa Tuniwara.

“Untuk itu atas nama Pemdes Tuniwara menyampaikan terima kasih kepada Polres SBB dalam hal ini Polsek Manipa, yang sudah bisa terlibat langsung dalam kerja sama dengan kami  dalam pelaksanaan kegiatan ini demi kemajuan desa,” ucapnya.(S-18)