AMBON, Siwalimanews – Kepolisian Resort Kota Ambon dan Pulau-pulau Lease dipercayakan sebagai tuan rumah pelaksanaan pelatihan Integrated Protection System Encrypted SI (IPSE-S1) yang digelar Divisi Humas Polri.

Pelatihan yang dipusatkan di aula Polresta Ambon, Senin (21/3) dibuka oleh Kapolresta Ambon Kombes Raja Arthur Lumongga Simamora, Ketua Tim, Kasubbid Multimedia Bid Humas Polda Maluku AKBP Andi Erma Suryono, serta Direktur PT Sky Global Utama Gery.

“IPSE merupakan perlengkapan dan peralatan yang dimiliki oleh Divisi Humas Polri. Peralatan ini dibuat dengan biaya yang cukup mahal, serta mempunyai tujuan khusus saat merencanakan pembuatan system dan peralatan ini,” ungkap Kapolresta.

Kapolresta mengaku, perlengkapan ini bertujuan untuk memaksimalkan kemampuan penetrasi dalam kegiatan amplifikasi informasi positif dan memberikan edukasi kepada masyarakat.

Hal ini mengingat masih berkembangnya hoax, fake news dan hate speech, hingga munculnya tagar salah satunya “Noviralnojustice” yang berusaha membuat opini negatif kepada Polri.

Baca Juga: Laka Maut di Poka, Pengendara Motor Tewas

“Diingatkan kepada peserta pelatihan IPSE ini pada saat mengoprasikan peralatan ini, para peserta yang nantinya menjadi operator harus memiliki integritas tinggi terhadap penggunaan peralatan ini, karena akan banyak berisi perintah-perintah dan tugas yang bersifat khusus dan rahasia,” pintanya.

Mantan Kapolres Malteng itu berharap, pelatihan ini benar-benar terselenggara dengan sebaik baiknya, dan para peserta dapat mengikuti dan memahaminya.

“Bagi personel yang ditunjuk untuk menjadi operator dapat mengaplikasikan pelatihan ini dan mampu memitigasi dan menetralisir berita-berita negatif yang bertujuan untuk menurunkan citra polri,” pintanya. (S-10)