AMBON, Siwalimanews – Menjelang HUT Bhayangkara ke-78, Polda Maluku menyalurkan bantuan ketahanan pangan kepada para petani di Kota Ambon.

Bantuan ketahanan pangan yang diberikan kepada kelompok tani ini berupa, bibit cabe, tomat, pare, timun dan 6 rol plastik mulsa sepanjang 3000 meter.

Kelompok tani yang menerima bantuan itu yakni, kelompok tani Desa Hative Besar, Tawiri, dan Taeno bawah. Bantuan itu diserahkan  oleh Karo SDM Polda Maluku Kombes  Leo Surya Nugraha Simatupang di Kampung Kamiri, Desa Hative Besar, Kecamatan Teluk Ambon, Kota Ambon, Kamis (27/6).

“Kegiatan ini merupakan bentuk kepedulian Polri terhadap kelompok tani kecil dalam menjaga ketahanan pangan bagi masyarakat Maluku,” ungkap Kombes Leo.

Pangan kata Kombes Leo, merupakan komoditas yang sangat penting dan vital bagi bangsa Indonesia, mengingat ketersediaan pangan atau makanan merupakan kebutuhan dasar bagi manusia. Hal ini harus dipenuhi oleh pemerintah dan masyarakat secara bersama-sama, seperti diamanatkan dalam Undang-undang Nomor 18 tahun 2012 tentang Pangan.

Baca Juga: Lakukan Sidak, Pertamina Pastikan Penyaluran Minyak Tanah Aman

“Bertolak dari riwayat sejarah dan latar belakang berbagai negara, disimpulkan bahwa tidak ada satu negara pun yang dapat menjalankan pemerintahan secara maksimal serta melaksanakan pembangunan secara mantap, sebelum mampu mewujudkan ketahanan pangan terlebih dahulu,” jelasn Kombes Leo.

Selain itu menurut Kombes Leo, undang-undang juga mengamanatkan, bahwa ketahanan pangan adalah kondisi terpenuhinya pangan bagi negara sampai dengan pada tingkat terkecil, yaitu rumah tangga atau perseorangan.

“Pangan harus tersedia cukup, baik dari segi jumlah dan mutu, aman, beragam bergizi dan merata serta terjangkau dan tidak bertentangan dengan agama, keyakinan dan budaya masyarakat untuk dapat mewujudkan hidup yang sehat, aktif dan produktif secara berkelanjutan dan itu menjadi tanggung jawab semua pihak, termasuk Polri,” tandas Kombes Leo.

Sesuai tema HUT ke-78 Bhayangkara tahun ini adalah Presisi menuju Indonesia emas, transformasi ekonomi yang inklusif dan berkelanjutan lanjut Kombes Leo, melalui kegiatan ini Polda Maluku turut serta dan berperan aktif dalam ketahanan pangan.

“Sesuai dengan tugas pokok dan fungsinya, Polda Maluku melalui satgas pangan Polri juga berperan aktif dalam melakukan pengawasan dan monitoring ketersediaan pangan di seluruh Maluku,” jelas Kombes Leo.

Di tingkat hulu tambah Kombes Leo, satgas pangan memastikan tidak ada kendala bagi petani dalam memproduksi pangan dan ketersediaan bibit, pupuk, dan kebutuhan lainnya. Sementara di tingkat hilir, satgas pangan dibantu dengan pihak terkait memantau kelancaran jalur distribusi pangan dan harga bahan pangan hingga ke konsumen.

Hal ini dilakukan guna menjaga stabilitas harga dan memastikan kebutuhan pangan masyarakat terpenuhi serta untuk meningkatkan kesejahteraan para petani dan kelompok tani.

“Apa yang Polda Maluku berikan pada hari ini mungkin tidak dapat memenuhi seluruh kebutuhan para kelompok tani, tetapi sedikit bantuan yang kami berikan ini agar dapat diterima sebagai bentuk keikutsertaan kami dalam ketahanan pangan,” ucap Kombes Leo.(S-10)