AMBON, Siwalimanews – Menyongsong Hari Ke­mer­dekaan ke-79 Republik Indonesia, PT PLN (Persero) Unit Induk Wilayah Maluku dan Maluku Utara (UIW MMU) memasang listrik gratis bagi warga kurang mampu.

General Manager PLN UIW MMU, Awat Tuhuloula dalam press release yang diterima Siwalima mengatakan, pema­sangan baru itu dilakukan melalui program Light Up The Dream (LUTD).

Awat menjabarkan, program listrik gratis LUTD ini merupakan program bantuan yang berasal dari iuran sukarela pegawai PLN. Dana iuran yang terkumpul ini selanjutnya setiap bulan diberi­kan kepada warga masyarakat yang belum mampu melakukan pasang baru listrik dengan daya 450 maupun 900 VA.

“Tepat di periode momentum Kemer­dekaan RI ini, kami menyalakan listrik secara serentak dimana acara ini diini­siasi oleh PT PLN (Persero) Kantor Pusat dengan lokasi simbolis pada wilayah kami yakni bertempat di Air Besar, Kecamatan Sirimau, Ambon,” ujar Awat, Kamis (15/8/).

Penerima manfaat LUTD yang dijadikan lokasi penyalaan simbolis di Air Besar, yakni Masnun Namkatu. Pria yang setiap harinya bekerja sebagai tukang ojek itu telah bertahun-tahun lamanya tidak dapat menikmati penerangan listrik di rumahnya.

Baca Juga: PLN Lakukan Mitigasi Perubahan Iklim

Sebelumnya, ia dan keluarga kecil­nya menyalur dari tetangga dan selalu diliputi perasaan was-was jika se­waktu-waktu aliran listrik diputus oleh tetangganya.

“Kami berharap program ini membe­ri­kan manfaat bagi masyarakat sebagai kado di Hari Kemerdekaan, sehingga ke de­pannya dapat meningkatkan taraf hidup, dan anak-anak bisa belajar baik di rumah maupun di lingkungan,” harap Awat.

Di sisi lain, penerima manfaat program LUTD selanjutnya yaitu berasal dari Namlea, atas nama Fadli Wali. Fadli yang merupakan seorang pekerja keras yang kesehariannya bekerja sebagai Pedagang Ikan.

Berdasarkan survey yang dilakukan Tim PLN, lanjut Awat, Fadli hanya belum mampu mengakses listrik karena keter­batasan ekonomi. Untuk itu, pemasangan listrik gratis merupakan upaya PLN untuk turut memberikan kemerdekaan meng­akses listrik bagi Fadli.

Adapun Berdasarkan data per 15 Augustus 2024, PLN UIW MMU telah menyalakan listrik gratis melalui Program LUTD sebanyak 523 pelanggan. Awat berharap ke depannya akan lebih banyak rumah-rumah warga menjadi terang, bahkan hingga ke pelosok. Sehingga upaya PLN untuk pemerataan akses kebutuhan listrik di Bumi Raja-raja ini bisa terpenuhi.

Mewakili salah satu penerima man­faat LUTD, Masnun Namkatu menyampaikan apresiasinya kepada  pegawai di lingkup PLN UIW MMU yang sudah suka rela membantu Ia dan masyarakat kurang mampu lainnya melihat terang di rumah mereka. “Terimakasih saudara-saudara di PLN yang telah membantu kami wujudkan mimpi agar bisa menikmati listrik di rumah kami. Kedepannya semoga kami mampu memanfaatkan­nya untuk peningkatan ekonomi kami,” ucap Masnun. (S-08)